Monday, June 27, 2022
HomeBangladesh Terima Kapal Selam Type 035 Dari China

Bangladesh Terima Kapal Selam Type 035 Dari China

HobbyMiliter.com – Angkatan Laut Bangladesh menerima dua unit kapal selam diesel elektrik Type  035 (Ming) Class bekas pakai dari Angkatan Laut China. Demikian seperti disampaikan oleh bagian hubungan masyarakat (Humas) Kementerian Pertahanan Bangladesh tanggal 15 November 2016.

Kapal – kapal yang sebelumnya masuk dalam jajaran armada kapal selam milik Angkatan Laut China (PLA-Navy) tersebut diserah-terima kan kepada pihak Angkatan Laut Bangladesh pada tanggal 14 November 2016. Prosesi penyerahan ini dilakukan di sebuah galangan kapal di daerah Dalian, China. Kedua kapal ini diterima oleh Komandan Angkatan Laut Bangladesh Laksamana Nizamuddin Ahmed. Sebelum dijual kepada Angkatan Laut Bangladesh, kapal selam ini bertugas dalam jajaran Angkatan Laut China (PLA-Navy) dengan pennant number 356 dan 357.

BACA JUGA :  Tiongkok Tuduh Jepang Ikut Campur Dalam Sengketa Laut Cina Selatan

Kapal – kapal selam tersebut dinamai Nabajatra dan Joyjatra, dan diperkirakan akan tiba dalam jajaran armada Angkatan laut Bangladesh pada awal tahun depan. Pengadaan kapal selam ini dilakukan dalam kontrak pengadaan senilai 16 miliar Taka atau 203 juta Dollar AS. Sebuah laporan juga menyebutkan bahwa sedang dilakukan pembangunan pangkalan kapal selam di daerah pulau Kutubdia sebagai persiapan untuk rencana penerimaan unit – unit kapal selam tersebut.

Kapal selam kelas Ming (Type 035) yang akan dimiliki Bangladesh tersebut memiliki bobot 1.800 ton. Panjang kapal selam ini sekitar 76 meter. Lebar kapal selam ini sekitar 7,6 meter dan memiliki draught 5,1 meter. Kapal ini memiliki kecepatan 18 knot saat berada di bawah air, dan 15 knot saat berada di permukaan air.

BACA JUGA :  AS Kemungkinan Pindahkan Sistem Rudal Mereka Ke Hawaii

Kapal selam Type 035 (Ming Class) tersebut dilengkapi dengan 8 unit tabung peluncur torpedo yang dapat meluncurkan torpedo anti kapal Yu-4. Selain itu kapal tersebut dapat membawa 32 unit ranjau laut sebagai pengganti torpedo. Setiap kapal dapat diawaki oleh 57 orang awak termasuk didalamnya 10 orang perwira. Nabajatra dan Joyjatra dijadwalkan untuk segera menjalani serangkaian latihan pemantapan kru atau awak dalam beberapa minggu kedepan sebagai persiapan untuk keberangkatan kapal selam ini ke Bangladesh pada awal tahun depan (2017).

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

ScreenShot216

Klarifikasi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta Atas Penulisan F-16C/D Block 25ID

1
Klarifikasi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta Atas Penulisan F-16C/D Block 25ID - HobbyMiliter.com - Sehubungan dengan pemberitaan media yang menyebutkan bahwa sejumlah F-16C/D yang...

Recent Comments