Thursday, April 25, 2024
HomeBlog MiliterRCWS Pada Tank AMX-13 APC Milik TNI AD

RCWS Pada Tank AMX-13 APC Milik TNI AD

HobbyMiliter.com – RCWS Pada Tank AMX-13 APC Milik TNI AD. Walaupun TNI AD mempunyai beberapa kendaraan tempur APC yang lebih canggih, tapi layaknya tank Stormer, soal keselamatan penembak SMB Browning M2HB 12,7 mm mesih belum optimal, hanya menggunakan perisai baja sekadarnya. Bahkan yang lebih berbahaya lagi perlindungan pada penembak SMB tank APC AMX-13 (AMX-VCI) produksi Perancis. Walau umurnya tergolong tua, tapi tank kelas ringan AMX-13 (tipe APC dan tipe kanon) masih sering dioperasikan sampai saat ini. Kabarnya TNI AD memiliki varian AMX-13 VCI (Véhicule de Combat d’Infanterie) sebanyak 200 unit, tank ini dipersenjatai dengan satu pucuk SMB 12,7 mm.
rcws 2

Dalam rangka mengembangkan tank ini, Litbang Pussenkav TNI AD mengupgrade sistem persenjataan pada tank AMX-13 VCI. Jika awalnya penembak harus menunjukkan kepalanya ketika membidikkan senjata ke sasaran, maka sekarang tidak perlu lagi, keselamatan penembak akan lebih ditingkatkan, terlebih lagi target dapat dibidik dengan akurat walau dalam kegelapan sekalipun.

BACA JUGA :  KRI Sultan Hasanuddin 366 Ikut Latihan Perkasa A 2022 TNI AU

Hal ini karena penggunaan RCWS (Remote Control Weapon System). RCWS akan mempermudah penembak untuk memonitor sasaran melalui monitor 1024×268 pixels. Dengan dikendalikan melalui joystick, secara bersamaan laras kanon bisa digerakkan untuk membidik target. Jika sasaran pada layar telah terkunci, maka tinggal menekan firing button untuk melepaskan tembakan pada target berjarak 1.800 – 2.000 meter. Tembakan single maupun full otomatis pun bisa dilakukan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

53-rudal-balistik-kapal-selam-korut-siap-2018

Ahli Perang: Rudal Balistik Kapal Selam Korut Siap Beroperasi 2018

0
Hobbymiliter.com - Korea Utara semakin terlihat maju dalam urusan mengembangkan sistem rudal balistik kapal selam. Namun pengoperasiannya masih akan menunggu beberapa tahun mendatang. Setidaknya...

Recent Comments