IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa
IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa.Sumber : defenceblog

HobbyMiliter.com – IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa. Foto – foto beredar di internet menunjukkan kendaraan tempur IFV Stryker dengan sistem kubah senjata otomatis dengan kanon kaliber 30 milimeter sedang melaksanakan uji penembakan senjata membuat kehebohan di dunia maya. Foto – foto tersebut menjadi bukti bahwa Amerika Serikat mengirimkan varian terbaru dari kendaraan tempur Stryker IFV ke benua Eropa sebagai bagian dari “solusi keamanan taktis dan strategis” untuk para sekutunya di benua biru tersebut. Foto – foto tersebut dirilis per tanggal 27 Februari 2018 lalu dan langsung muncul di beberapa situs berita pertahanan dan keamanan internasional dalam kanal berita khusus platform alutsista matra darat.

Baca juga :   Operasi Pembebasan Mosul Resmi Dimulai, Masa Depan Irak Dipertaruhkan
IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa
IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa.
Sumber : defenceblog

Adapun kontingen pasukan Amerika Serikat di Eropa yang menerima kendaraan tempur terbaru ini yakni Resimen Kavaleri Kedua yang populer dengan sebutan 2nd Dragoons. Uji coba penembakan munisi live dari kanon kaliber 30 milimeter yang diletakkan diatas kendaraan tempur tersebut dilaksanakan di Grafenwoehr Training Area yang berlokasi di Grafenwoehr, Jerman. Uji tembak ini termasuk menjadi misi tempur pertama dari unit – unit kendaraan tempur Stryker tersebut di teater Eropa. Nama untuk jenis kendaraan tempur Stryker ini juga mengambil nama dari Resimen Kavaleri Kedua AS dimana kendaraan tempur Stryker varian terbaru ini dinamai Infantry Carrier Vehicle-Dragoon yang kemudian dapat dengan mudah disingkat menjadi ICVD. IFV Stryker terbaru ini dipersenjatai dengan sistem senjata berupa kubah meriam otomatis kaliber 30 milimeter yang dapat dikendalikan dengan Remote Control. Sistem senjata ini sering disebut dengan sistem senjata RCWS (Remote Controlled Weapon Systems).

Baca juga :   Indonesia, Amerika Serikat, dan Korea Selatan Adakan Pertemuan Trilateral, Bahas Proyek Pesawat IFX
IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa
IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa.
Sumber : defenceblog

Pengiriman kendaraan tempur ini dimaksudkan sebagai pengisi kekosongan jarak yang terjadi di teater benua Eropa dimana prajurit AS dan NATO yang bertugas disana harus menghadapi resiko saat bergerak dimedan tempur karena kendaraan pengangkut pasukan seringkali memiliki tingkat perlindungan lapis baja yang rendah dan kendaraan tempur tersebut masih harus berhadapan dengan kendaraan tempur BMP3 dan Kurganets-25 milik Angkatan Bersenjata Rusia yang memiliki senjata pertahanan diri dan perlindungan lapis baja yang lebih baik daripada kendaraan tempur pengangkut pasukan NATO di area tersebut. Diharapkan dengan hadirnya unit – unit kendaraan tempur IFV Stryker tersebut dapat memperlengkapi Resimen Kavaleri Kedua AS dengan kekuatan tambahan yang cukup mumpuni untuk menghadapi potensi ancaman dari pasukan Rusia dan atau negara satelit pro-Rusia di wilayah benua Eropa tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here