Team Aerobatic Jepang, Blue Impulse dengan T-2 sebagai tunggannya.
Team Aerobatic Jepang, Blue Impulse dengan T-2 sebagai tunggannya.

Mengenal Mitsubishi T-2, Pesawat Jet Tempur Latih Buatan Jepang – HobbyMiliter.com – Boleh saja Jepang jadi pecundang dalam PD II dan berujung semua teknologi militernya diberangus. Tapi semangat untuk membangun teknologi militer garapan negeri sendiri harus tetap ada. Caranya sedapat mungkin dicari celah agar lolos dari pembatasan pengembangan teknologi yang diberlakukan oleh Amerika, si pemenang perang. Untuk itu kebutuhan jet latih bagi kepentingan transisi AU Jepang dari F-104J Starfighter ke F-4EJ Phantom II jadi kedok untuk mengembangkan sebuah jet militer.

BACA JUGA :  Patroli di Tanah Papua

Agar sesuai dengan kebutuhan, maka kemampuan terbang diatas kecepatan suara (supersonik) jadi syaratnya. Adalah pabrikan industri berat Mitsubishi akhirnya dipercaya untuk melahirkan jet latih sekaligus jet supersonik pertama asli Jepang. Sebagai catatan, pabrikan ini sudah punya pengalaman ketika melahirkan jet latih di era 50-an.

Dengan memakai basis SEPECAT Jaguar, jet serang (attack) hasil kerja bareng Inggris-Perancis, maka muncullah Mitsubishi T-2. Maka tak heran, kalau
bentuknya pun mirip dengan Jaguar. Punya konfigurasi “sayap atas” (high wing) serta badan panjang (long fuselage) yang meruncing ke depan. Hasil tangan dingin Dr. Kenji Ikeda ini terbang untuk pertama kali pada 20 Juli 1971. Mitsubishi T-2 ini bukanlah copy paste Jaguar. Sangat banyak perbedaan mendasar antara keduanya, Jaguar digunakan hanya sebagai basis pengembangan agar tidak terjadi “re-invent the wheel”.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here