Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Ideologi Axis Power atau Blok Poros

Tujuan utama dari blok poros atau axis power yaitu mengekspansi teritorial dengan mengorbankan tetangga mereka dan di dalam ideologi blok poros memiliki tujuan menghancurkan kekuatan barat yaitu plutokrasi-kapitalis. Dan memberikan perlindungan peradaban dari pengaruh komunisme.

Kerjasama Jerman-Jepang dalam Axis Power

Kerjasama Jerman-Jepang dalam axis power adalah adanya deklarasi perang Jerman dan Italia kepada Amerika Serikat. Pada tahun 1941 tepatnya tanggal 7 Desember, Jepang melakukan penyerangan terhadap pangkalan angkatan laut As di Pearl Harbor, Hawaii.

BACA JUGA :  Kamaz Tawarkan Produksi Ranpur BPM97 Ke Vietnam

Sesuai dengan ketentuan pada Pakta Tripartit, Nazi Jerman diminta untuk datang ke wilayah pertahanan dari para sekutunya jika mereka mendapatkan serangan. Ketika Jepang sudah membuat langkah pertama, Italia dan Jerman tidak wajib memberikan bantuan, kecuali jika Amerika melakukan serangan balasan ke Jepang. Walaupun begitu, Hitler malah memberikan perintah Reichstag secara resmi untuk menyatakan perang kepada Amerika Serikat dan Italia juga tiba-tiba menyatakan Perang.

Deklarasi perang melawan Amerika Serikat merupakan kesalahan serius bagi Jerman. Hal ini kemudian akan membuat Amerika Serikat bergabung dalam perang total di Eropa. Setelah itu, kapal perusak Amerika memimpin konvoi logistik yang memungkinkan Inggris dan sekutu berperang selama mungkin di Eropa.

BACA JUGA :  Sejarah Pembubaran VOC

Hal itu berlangsung berbulan-bulan dengan hadangan U-Boat dari Jerman di Atlantik. Kuatnya dukungan logistik dari Amerika Serikat bisa memainkan peran kunci untuk memberikan suplai dan memberikan keuangan sekutu untuk melakukan pengeboman strategis pada Jerman.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

71-senjata-laser-maut-pentagon

2023, Senjata Laser Maut Pentagon Akan Mulai Beroperasi

0
Hobbymiliter.com - Menurut laporan yang baru-baru ini diterbitkan, US Army akan meluncurkan senjata laser pertama dalam sejarah di tahun 2023 mendatang. Mary J. Miller,...

Recent Comments