Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2
Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2. Ilustrasi Kawasaki C2.Sumber : Kawasaki

HobbyMiliter.com – Jepang Beli Armada Pesawat Angkut Kawasaki C2. Jepang dikabarkan tengah berencana membeli pesawat angkut Kawasaki C2 yang diproduksi oleh Kawasaki Heavy Industries (KHI). Diperkirakan, sebanyak dua unit akan dibeli oleh pemerintah Jepang untuk kemudian digunakan oleh Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF). Rencana pengadaan ini akan dilaksanakan pada tahun anggaran 2018.

Pesanan kali ini adalah pesanan kedua setelah sebelumnya unit produksi massal perdana dikirimkan kepada Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF). Tercatat sejak bulan Mei tahun 2016 lalu telah dibuat sebanyak 6 unit pesawat dimana sebanyak 4 diantaranya kini telah dioperasikan oleh Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF). Rencananya, sebanyak 40 hingga 60 unit Pesawat Angkut Menengah jenis C2 ini akan dibuat untuk memenuhi kebutuhan Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF) yang juga berencana untuk mempensiunkan jajaran armada pesawat angkut Kawasaki C1 dan Lockheed C130 Hercules yang ada dalam inventaris mereka saat ini.

Baca juga :   Rusia Peringatkan Warganya Berhati-hati Atas Penculikan ISIS Di Turki

Menurut pihak Kawasaki Heavy Industries, C2 memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan Kawasaki C1. Kawasaki C2 diklaim dapat terbang lebih jauh, mengangkut lebih banyak muatan, serta lebih cepat dibanding Kawasaki C1 yang merupakan pendahulunya. Dengan keunggulan tersebut, Kawasaki optimis bahwa pesawat ini sangat cocok untuk digunakan dalam berbagai kondisi baik selama masa damai untuk operasi internasional maupun selama masa konflik dengan menjadi elemen utama skuadron pesawat angkut Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF).

Baca juga :   Indonesia Kebanjiran Order Pesawat dari Negara-Negara ASEAN

Nantinya, diharapkan sekitar 10 unit pesawat angkut kelas menengah Kawasaki C2 akan beroperasi pada tahun 2020 mendatang. Saat ini, Pasukan Bela Diri Udara Jepang atau Japan Air Self-Defense Force (JASDF) tercatat megoperasikan 4 unit pesawat angkut menengah tersebut dan menempatkannya di 403rd Tactical Airlift Squadron yang bermarkas di Miho Airbase yang terletak di sekitar kota Yonago di Prefektur Tottori, Jepang. Bagaimana menurut anda? cocok kah pesawat angkut ini mengisi skuadron angkut TNI AU di masa yang akan datang? Silahkan tuliskan pendapat anda di kolom komentar.