Thursday, May 23, 2024
HomeBlog MiliterReferensiInilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia

Inilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia

Inilah Kebijakan-Kebijakan Orde Baru dalam Pembangunan Indonesia – HobbyMiliter.com – Apa yang dimaksud dengan istilah Orde Baru? Orde Baru merupakan masa pemerintahan yang berlaku untuk periode tertentu, tepatnya adalah pada masa Presiden Soeharto menjadi kepala negara. Periode itu berlangsung dari Tahun 1966 sampai dengan Tahun 1998. Apabila Kita hitung periode tersebut yaitu berlangsung selama 32 tahun.

Supaya tercapai tujuan nasional Bangsa Indonesia sesuai yang termaktub dalam Pembukaan UUD 1945, maka Pada masa Orde baru dibuatlah beberapa kebijakan pembangunan nasional. Utuk memuluskan kebijakan pembangunan tersebut, masa Orde Baru berpedoman pada Trilogi Pembangunan. Secara harfiahnya, Trilogi berasal dari dua kata, yaitu tri dan logi. Tri artinya tiga dan logi artinya kesatuan yang saling berhubungan.

BACA JUGA :  Kapal Perang India Lanjutkan Perjalanan Ke Australia

Jadi Trilogi itu adalah tiga aspek pembanguan yang satu sama lain saling mendukung.
Trilogi yang dimaksud yaitu pemerataan pembangunan, pertumbuhan ekonomi dan stabilitas nasional. Program Trilogi ini ternyata sudah diatur dalam Garis-garis Besar Haluan Negara atau disingkat dengan GBHN. Adapun pemetaannya, dipetakan dalam Repelita atau Rencana Pembangunan Lima tahun. Adapun pengaplikasiannya, dibagi menjadi dua tahap pembangunan yaitu Pelita atau Pembangunan Lima Tahun dan Pembangunan Jangka Panjang selama 25 Tahun.

Dalam Bidang Pertanian dan Perkebunan

Konsep Revolusi Hijau diusung oleh pemerintah pada masa Order Baru untuk meningkatkan pembangunan dalam bidang pertanian dan perkebunan. Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah berupaya untuk mengoptimalkan peran Koperasi Unit Desa atau disingkat dengan KUD. Karena koperasi tersebut sangat dekat sekali kedudukannya untuk langsung bersentuhan dengan masyarakat.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Pasukan Irak untuk Operasi pembebasan kota Mosul

Operasi Pembebasan Kota Mosul Dari Tangan ISIS Dimulai

0
HobbyMiliter.com - Sebuah serangan ofensif untuk membebaskan kota Mosul yang dikendalikan pasukan ISIS telah dimulai, ujar perdana menteri Irak, Haider al-Abadi pada sebuah siaran televisi...

Recent Comments