Saturday, June 25, 2022
HomeBlog MiliterReferensiSejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2

Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia 2 – HobbyMiliter.com – Apakah kamu sedang ingin mengetahui tentang sejarah Axis power pada perang dunia 2? Apa yang dimaksud dengan Axis Power pada perang dunia 2? Yuk simak penjelasan ringkasnya berikut ini tentang sejarah axis power pada perang dunia 2 yang jarang diketahui di buku sejarah.

Apa Yang Dimaksud Dengan Axis Power Pada Perang Dunia 2?

Axis Power (Blok Axis) atau Blok poros dalam perang dunia 2 adalah blok yang muncul pada saat perang dunia II untuk melawan blok Sekutu (The Allies). Pada Perang Dunia II Axis Power ini terdiri dari Jerman Nazi, Jepang Imperial dan Italia.

Axis Power di Perang Dunia II ini sepakat untuk melakukan perlawanan kepada sekutu, tetapi mereka satu sama lain tidak mengkoordinasikan perang yang mereka lakukan.
Sejarah Axis Power Pada Perang Dunia

BACA JUGA :  Angkatan Laut Rusia Kembangkan Kapal Selam Militer Tanpa Awak

Pada pertengahan tahun 1930 Axis Power muncul dari upaya diplomatik Jerman, Italia dan Jepang yang mengamankan kepentingan ekspansionis yang mereka lakukan.

Langkah pertama perjanjian yang ditandatangani oleh Jerman dan Italia di tahun 1936. Kemudian Mussolini menyatakan bahwa semua negara Eropa lainnya akan muai berputar di poros Roma-Berlin pada tanggal 1 November dan terciptalah istilah Axis.

Secara bersama langkah kedua dilakukan melalui penandatanganan Pakta Anti-Komintern yang terjadi di November 1936 yang merupakan perjanjian anti komunis antara Jepang dan Jerman. Dan akhirnya pada tahun 1937 Italia mulai bergabung.

Poros Roma-Berlin ini akhirnya menjadi sebuah aliansi militer di tahun 1939 berdasarkan Pakta Baja dengan Pakta Tripartit tahun 1940 yang memberikan arahan ke integrasi tujuan militer Jerman dan kedua sekutunya pada perjanjian tersebut.

Dalam puncak kejayaan mereka pada Perang Dunia II, Axis power memimpin dan menduduki sebagian besar wilayah di Asia Timur, Afrika Utara dan Eropa. Tidak adanya pertemuan KTT di antara anggota dan kerjasama serta koordinasi yang sangat minim dalam Axis Power.

BACA JUGA :  6 Bukti Peran Indonesia Dalam Perdamaian Dunia

Walaupun ada sedikit koordinasi tetapi hanya antara jerman dan Italia. Kemudian perang akhirnya diakhiri di tahun 1945 dengan kekalahan kepada blok poros atau Axis Power dan membuat aliansi mereka terjadi pembubaran.

Tidak seperti Sekutu, keanggotaan negara-negara yang masuk dalam Axis Power tidak tetap, dan beberapa negara bergabung dan keluar meninggalkan blok poros selama perang dunia berlangsung.

Asal Mula Nama Axis Power dan Pendiriannya

Asal mula nama Axis Power atau Axis pertama kali digunakan dalam hubungan Jerman-Italia oleh Perdana Menteri Italia Benito Mussolini di bulan September 1923.

Pada saat itu, untuk melawan Yugoslavia dan Prancis yang sedang dalam sengketa wilayah Fiume, Italy melihat ada peluang melakukan aliansi dengan Jerman.

BACA JUGA :  Arab Saudi Gelar Latihan AL di Teluk, Iran: Menjauh Dari Perairan Kami!

Istilah Axis juga digunakan oleh Perdana Menteri Hongaria Gyula Gömbös saat mendukung aliansi Italia dan Jerman di awal tahun 1930.

Upaya PM Hongaria Gyula Gömbös tersebut memberikan efek pada protokol Roma Hongaria-Italia tetapi kematiannya yang secara tiba-tiba di tahun 1936 saat melakukan negosiasi dengan Jerman di Munchen. Dan Diangkatnya Kálmán Darányi menjadi PM Hongaria mengakhiri keterlibatan negara Hongaria saat akan membuat koalisi Trilateral.

Pada perdebatan dan negosiasi antara Duta Besar Jerman, Ulrich von Hassell dan menteri luar negeri Italia, Galeazzo Ciano menghasilkan Protokol 19 Poin. Kesepakatan tersebut ditandatangani oleh Ciano dan rekannya Konstantin von Neurath yang berasal dari Jerman di tahun 1936. Saat Mussolini mengumumkan penandatanganan di 1 November, dia membuat deklarasi berdirinya poros Roma-Berlin.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Kapal Tanpa Awak PROTECTOR USV.

The Protector – Unmanned Surface Vehicle

0
HobbyMiliter.com - Unmanned Surface Vehicle (USV) alias Kapal Tanpa Awak PROTECTOR di kembangkan oleh RAFAEL Armament Development Authority sebagai tindak lanjut atas munculnya ancaman...

Recent Comments