Friday, June 24, 2022
HomeMiliterAlutsistaKapal Perang AS Dan Kapal Perang Iran Nyaris Bersinggungan Di Teluk Persia

Kapal Perang AS Dan Kapal Perang Iran Nyaris Bersinggungan Di Teluk Persia

Hobbymiliter.com – Kapal Perang AS Dan Kapal Perang Iran Nyaris Bersinggungan Di Teluk Persia. Dikabarkan telah terjadi insiden di Teluk Persia yang melibatkan kapal perang milik Amerika Serikat dan kapal perang milik Garda Revolusioner Iran. Insiden ini terjadi pada hari Senin, tanggal 20 Juni 2022 di wilayah perairan Teluk Persia yang selalu menjadi area yang berbahaya akibat seringnya terjadi insiden antara Angkatan Laut Amerika (US Navy,Red) dengan armada laut milik Garda Revolusioner Iran. Dalam kejadian yang dikabarkan berlangsung selama satu jam tersebut, tidak terjadi kecelakaan ataupun timbulnya korban jiwa maupun luka-luka dari kedua belah pihak. Media AS The Washington Post menyebut bahwa kejadian tersebut melibatkan dua unit kapal milik Amerika Serikat dan tiga unit kapal milik Garda Revolusioner Iran.

BACA JUGA :  Indo Defence 2016 : Mock Up Tank Boat Ditampilkan

Kronologis yang didapatkan oleh tim HobbyMiliter menyatakan bahwa pada saat kejadian, dua unit kapal milik Amerika Serikat, yakni USS Sirocco, sebuah kapal patroli kelas Cyclone milik Angkatan Laut Amerika Serikat dengan nomor lambung 6, dan USNS Choctaw County, sebuah kapal cepat transport kelas Spearhead milik Komando Angkutan Laut Militer Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy Military Sealift Command,Red) dengan nomor lambung 2. Sedangkan dari Garda Revolusioner Iran sebanyak tiga kapal cepat terlibat dalam insiden ini. Dilansir oleh Washington Post, awalnya kedua kapal milik Amerika Serikat tersebut sedang dalam pelayaran rutin melintasi perairan internasional, kemudian terlihat tiga kapal cepat milik Garda Revolusioner Iran mendekat dari arah depan dengan cepat dan baru menghindar ketika USS Sirocco mengeluarkan pesan peringatan melalui pengeras suara. Ketiga kapal tersebut juga mendekat hingga 50 yard dari USNS Choctaw County hingga USS Sirocco terpaksa harus mengeluarkan tembakan suar peringatan (flare warning).

BACA JUGA :  Resmi, Indonesia Terima Helikopter Apache Dari AS

Juru bicara Komando Sentral Militer AS (US CENTCOM,Red), Kolonel Joseph Buccino menyebut bahwa aksi armada kapal cepat milik Garda Revolusioner Iran di hari itu sebagai suatu aksi yang “sangat tidak profesional, tidak aman, dan dapat mengakibatkan terjadinya tabrakan dan kecelakaan yang serius akibatnya bagi kedua belah pihak.” Ia juga menegaskan bahwa seluruh aset dan unsur alutsista milik US CENTCOM masih akan tetap terbang dan berlayar dimanapun di area kerja mereka yang merupakan wilayah internasional sambil tetap mengupayakan stabilitas keamanan di wilayah regional tersebut. Insiden ini merupakan insiden kontak paling dekat antara Angkatan Laut Amerika Serikat dengan Garda Revolusioner Iran hingga saat ini.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

4 Prinsip Serta 3 Landasan Politik Luar Negeri Indonesia

0
4 Prinsip Serta 3 Landasan Politik Luar Negeri Indonesia - HobbyMiliter.com - Sebagai warga negara Indonesia yang baik, tentulah mesti tahu landasan politik luar...

Recent Comments