Wednesday, November 30, 2022
HomeBlog MiliterBiografiMengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang...

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI

Mengenal Silas Papare, Pahlawan Nasional Yang Namanya Diabadikan Sebagai Nama Kapal Perang RI – Hobbymiliter.comSetelah beberapa bulan terakhir fokus menulis artikel berita singkat, kali ini penulis akan mencoba kembali menulis artikel yang sedikit lebih panjang dan mendetail. Beberapa diantara kita mungkin sudah agak bosan dengan topik peperangan yang terjadi antara Russia dan Ukraina yang berlangsung sejak bulan Februari lalu.

Oleh karena itu, apa salahnya jika kita membahas dan menggali informasi tentang hal yang lain yang tidak jauh dari tema utama situs ini. Kali ini penulis akan mencoba menghadirkan kepada anda sekalian, pembaca yang budiman, sebuah tulisan singkat tentang Silas Papare, salah satu pahlawan nasional Republik Indonesia yang namanya diabadikan menjadi nama kapal perang Republik Indonesia (selanjutnya disingkat KRI,Red).

BACA JUGA :  Perjalanan Ferry F-16C Blok 52ID TNI AU ke Tanah Air

Biografi Singkat Silas Papare

Silas Ayari Donrai Papare lahir di kota Serui, kepulauan Yapen, pada tanggal 18 Desember tahun 1918. Ia lahir dari pasangan ayah Musa Papare dan ibu Dorkas Mangge. Masuk pada Sekolah Rakyat (Volkschool) di tahun 1927 pada usia 9 tahun, ia kemudian lulus pada tahun 1930. Silas Papare kemudian bekerja selama kurang lebih satu tahun pada peternakan yang  dimiliki ayahnya sebelum kemudian melanjutkan pendidikan di sekolah perawat di Serui pada tahun 1931.

Setelah ia lulus pendidikan pada tahun 1935, beliau bekerja di Serui selama beberapa waktu sebelum akhirnya pada tahun 1936 ia pindah bekerja ke Rumah Sakit milik perusahaan minyak asal Belanda NNGPM yang berlokasi di kota Sorong. Disana, Silas Papare ditunjuk menjadi Kepala Perawat.

BACA JUGA :  India Luncurkan Satelit GSAT7A Untuk Digunakan Oleh AU India

Empat tahun kemudian, tepatnya pada tahun 1940, Silas Papare kembali ke Serui dalam rangka menjalani pekerjaannya sebagai perawat akibat kekurangan personel di area tersebut.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Latihan Militer CARAT 2019 Dimulai, Kapal-Kapal Militer AS Berdatangan Ke Pulau...

1
Latihan Militer CARAT 2019 Dimulai, Kapal-Kapal Militer AS Berdatangan Ke Pulau Jawa - HobbyMiliter.com - Setelah sebelumnya pada hari Selasa, 30 Juli 2019 sebuah...

Recent Comments