Wednesday, July 24, 2024
HomeZastava M48 "Indonesian Police Carbine" , Senjata POLRI yang terlupakan

Zastava M48 “Indonesian Police Carbine” , Senjata POLRI yang terlupakan

Hobbymiliter – Zastava M48 “Indonesian Police Carbine” , Senjata  POLRI yang terlupakan. pada beberapa hari terakhir ini, media kita diguncangkan dengan kasus Dimas Kanjeng alias Taat Pribadi yang mengaku sanggup menggandakan uang para santri dan anggota padepokannya.

Tentu saja, web ini bernama Hobbymiliter, dan tentu kita tidak akan membahas mengenai penggandaan uang, karena nggak ada hubungannya sama sekali dengan dunia militer (kecuali beberapa “nasabah” sang dukun adalah perwira TNI). Hanya saja, sebuah foto yang beredar di media menjadi sebuah bahan diskusi di forum sosial media Facebook.

BACA JUGA :  Eurosam SAMP/T MAMBA, Rudal Anti Pesawat Eropa
Tampak Tersangka Pembunuhan Dimas Kanjeng dikawal dua anggota POLRI membawa senapan jenis "Mauser"
Tampak Tersangka Pembunuhan Dimas Kanjeng dikawal dua anggota POLRI membawa senapan jenis “Mauser”

Tampak pada gambar diatas, Dimas Kanjeng dikawal oleh dua orang anggota POLRI yang membawa sepucuk senapan bolt action kuno, yang sekilas tampak seperti senapan legendaris Jerman, Karabiner 98K. Sebuah senapan yang menjadi sinonim dengan ketangguhan Wehrmacht dan Waffen SS sejak pertempuran pertama mereka di Polandia hingga kejatuhan Berlin 6 tahun kemudian. Namun apakah benar senjata itu Karabiner 98k?

Sekilas, senjata itu memang memiliki ciri khas senapan jenis Mauser. Hanya, saja, ada satu hal yang tidak lazim terlihat, yaitu panjang senapan itu sangatlah pendek, tidak sepanjang KAR98K yang berukuran 1110 mm. Perhatikanlah gambar dibawah ini yang membandingkan serdadu Wehrmacht di PD 2 dengan kadet Taruna Akpol yang membawa senapan ini, tampak bahwa perbedaan panjang senjata tersebut signifikan.

Bhaskoro Aji Wibowo
Bhaskoro Aji Wibowohttp://www.facebook.com/Tactical.Uncle
Seorang Engineer. Moderator Forum Militer di Kaskus - Forum Komunitas Terbesar di Indonesia. Owner dari Military Tacticool Apparel "Tactical Uncle Outdoor and Military Style Gears." Mempunyai passion untuk memberi pencerahkan kepada yang belum tercerahkan.

1 COMMENT

  1. mauser polri ini namanya Mauser Short Rifle, buatan “Fab. Nat D’Armes de Guerre Herstal – Belgique”. yang sekarang nama pabriknya jadi FN Herstal

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand

Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand

0
Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand - HobbyMiliter.com - Hari Kemerdekaan Thailand, yang juga dikenal sebagai Hari Nasional Thailand, dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Desember....

Recent Comments