Friday, April 19, 2024
HomeAlutsistaRudalIron Dome Israel vs Roket Hamas Palestina

Iron Dome Israel vs Roket Hamas Palestina

Saat dikembangkan tahun 2007, sistem yang mengingatkan orang pada sistem Perang Bintang yang pernah dicanangkan oleh mendiang Presiden AS Ronald Reagan di tahun 1983, tidak sedikit pihak yang meragukan, persis seperti orang meragukan sistem Amerika di atas.

Kini, setelah memperlihatkan sukses, Israel yang – sejauh ini tidak berhasil mencapai perdamaian dengan Hamas – akan terus menghadapi ancaman, diyakini akan terus menyempurnakan sistem Iron Dome. Hal ini mengingat roket-roket Hamas juga semakin canggih dan semakin banyak.

BACA JUGA :  Foto Foto Rudal Buk-2E, Sistem Hanud Ampuh Buatan Russia

Israel bahkan sudah memikirkan potensi serangan rudal yang berasal bukan saja dari Hamas, tetapi juga dari Suriah, bahkan Iran. Sehingga Israel juga membuat sistem pertahanan udara yang berlapis, misalnya ada juga sistem pertahanan udara penghadang yang dipasangi rudal Spider dan rudal Arrow, yang bisa digunakan untuk menghadang rudal yang ditembakkan dari lokasi lebih jauh seperti halnya di Iran.

Keberhasilan Iron Dome menarik minat sejumlah negara lain yang ingin memperkuat pertahanannya, seperti halnya Korea Selatan, Singapura, Amerika Serikat dan bahkan Turki, yang lalu juga tertarik ingin memilikinya.

BACA JUGA :  Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Negara-negara di atas tentu mengetahui, bahwa ancaman ke depan boleh jadi tidak berasal dari serangan dari armada pesawat tempur, tetapi dari roket dan rudal yang ditembakkan oleh musuh. Iron Dome kini sudah menjadi sistem anti roket balistik jarak pendek pertama yang digunakan di medan tempur. Kita ingat, sistem antirudal Patriot juga sudah merintis peran sebagai sistem antirudal balistik jarak jauh.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

38-jet-tempur-siluman-j-20-resmi-diproduksi

Tiongkok Resmi Produksi Jet Tempur Siluman J-20 Secara Massal

2
Hobbymiliter.com - Badan dirgantara Tiongkok, Chengdu Aircraft Company (CAC) telah resmi menetapkan produksi awal dengan jumlah minim (Low Rate Initial Production) untuk membangun jet...

Recent Comments