Friday, July 26, 2024
HomeEuropol: ISIS Kembangkan “Pasukan Khusus” Teroris Berskala Global

Europol: ISIS Kembangkan “Pasukan Khusus” Teroris Berskala Global

66-isis-kembangkan-pasukan-khusus-teroris-berskala-global
Pemadam kebakaran ikut membantu korban serangan Paris pada November lalu. Sumber: AFP

Mengutip temuan dari laporan Europol, Wainwright mencatat bahwa serangan terbaru kemungkinan akan difokuskan untuk menyerang “target empuk” karena dampaknya yang sangat besar.

Laporan Europol juga menyebut bahwa ISIS telah mengembangkan “komando perintah eksternal” yang biasa dipakai oleh pasukan militer khusus yang berperang secara internasional.

“Serangan November di Paris dan Oktober pada pesawat Rusia menunjukkan perubahan strategi ISIS untuk bermain secara global,” tambahnya.

31 Oktober silam, Airbus A321 milik maskapai Rusia, Kogalymavia, jatuh di Semenanjung Sinai di Mesir setelah lepas landas dari resor wisata Sharm el-Sheikh di Laut Merah. Kejadian ini menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 224 orang.

BACA JUGA :  FA-50PH AU Filipina Latihan Bersama F-16 AU AS

Europol juga membantah bahwa teroris ikut memanfaatkan masuknya pengungsi dari Timur Tengah ke Eropa.

“Tidak ada bukti langsung yang mengarah ke pemanfaatan alur pengungsian oleh anggota teroris,” katanya. Meski begitu kepolisian Eropa tetap berjaga-jaga karena gelombang pengungsi yang baru rentan dimasuki oleh militan ISIS.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Harga F-35A Berpotensi Turun

Harga F-35A Berpotensi Turun

0
HobbyMiliter.com - Harga F-35A Berpotensi Turun. Selasa, 24 Januari lalu, raksasa perusahaan industri pertahanan asal Amerika Serikat, Lockheed Martin menyatakan bahwa harga per unit...

Recent Comments