Monday, February 26, 2024
HomeEuropol: ISIS Kembangkan “Pasukan Khusus” Teroris Berskala Global

Europol: ISIS Kembangkan “Pasukan Khusus” Teroris Berskala Global

66-isis-kembangkan-pasukan-khusus-teroris-berskala-global
Pemadam kebakaran ikut membantu korban serangan Paris pada November lalu. Sumber: AFP

Mengutip temuan dari laporan Europol, Wainwright mencatat bahwa serangan terbaru kemungkinan akan difokuskan untuk menyerang “target empuk” karena dampaknya yang sangat besar.

Laporan Europol juga menyebut bahwa ISIS telah mengembangkan “komando perintah eksternal” yang biasa dipakai oleh pasukan militer khusus yang berperang secara internasional.

“Serangan November di Paris dan Oktober pada pesawat Rusia menunjukkan perubahan strategi ISIS untuk bermain secara global,” tambahnya.

31 Oktober silam, Airbus A321 milik maskapai Rusia, Kogalymavia, jatuh di Semenanjung Sinai di Mesir setelah lepas landas dari resor wisata Sharm el-Sheikh di Laut Merah. Kejadian ini menewaskan seluruh penumpang dan awak pesawat yang berjumlah 224 orang.

BACA JUGA :  Cina Tawarkan Rudal Jelajah WS-43 ke Indonesia

Europol juga membantah bahwa teroris ikut memanfaatkan masuknya pengungsi dari Timur Tengah ke Eropa.

“Tidak ada bukti langsung yang mengarah ke pemanfaatan alur pengungsian oleh anggota teroris,” katanya. Meski begitu kepolisian Eropa tetap berjaga-jaga karena gelombang pengungsi yang baru rentan dimasuki oleh militan ISIS.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

50-filipina-bisa-hidup-tanpa-bantuan-militer-as

Menhan Filipina: Kami Bisa Hidup Mandiri Tanpa Bantuan Militer AS

0
Hobbymiliter.com - Menteri Pertahanan Filipina Delfin Lorenzana mengatakan bahwa negaranya mampu berdiri sendiri tanpa bantuan militer Amerika Serikat. Hal ini ia sampaikan dalam sebuah...

Recent Comments