Saturday, February 24, 2024
HomeIndia Sukses Luncurkan Prithvi-II, Rudal Balistik Nuklir Pertama Mereka

India Sukses Luncurkan Prithvi-II, Rudal Balistik Nuklir Pertama Mereka

Hobbymiliter.com – Sebagai salah satu kekuatan ekonomi terbesar di dunia, India pun kini rajin meremajakan dan menambah alutsista militernya. Kali ini, negeri Bollywood tersebut meluncurkan rudal balistik surface-to-surface yang memiliki kemampuan untuk mengusung hulu ledak nuklir. Washington sama sekali belum bereaksi terhadap kesuksesan peluncuran senjata bertenaga nuklir milik India ini.

Rudal yang diberi nama Prithvi-II ini pertama kali diujicoba pada 1996 silam. Sejak tahun 2003, rudal ini resmi digunakan oleh Angkatan Bersenjata India namun tingkat keberhasilannya masih tidak memuaskan. Terakhir pada 2010, satu unit rudal yang dirancang khusus untuk melakukan ujicoba, menemui kegagalan.

BACA JUGA :  Indonesia Akuisisi Sistem SNIPER Advanced Targetting Pod Untuk Jet Tempur F-16

Awal pekan ini, pasukan India meluncurkan sebuah unit rudal Prithvi-II tanpa hulu ledak, yang dipilih secara acak dari gudang senjata mereka. Meski gagal menemui target awal, namun rudal ini berhasil menempuh ketinggian dan jarak yang diperkirakan.

Secara teoritis, keberhasilan ujicoba ini membuat New Delhi kini memiliki kemampuan untuk meluncurkan rudal balistik bertenaga nuklir yang dapat diarahkan ke Pakistan.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

82-gencatan-senjata-suriah-pbb-siap-sebar-bantuan-kemanusiaan

Gencatan Senjata Suriah: Kekerasan Menurun Drastis, Bantuan Kemanusiaan Siap Disebar

0
Hobbymiliter.com - PBB memuji penurunan kekerasan yang terjadi di Suriah pada 24 jam pertama gencatan senjata hasil perundingan Amerika Serikat dan Rusia. Konvoi bantuan kemanusiaan...

Recent Comments