Tuesday, March 19, 2024
HomeIndia Sukses Luncurkan Prithvi-II, Rudal Balistik Nuklir Pertama Mereka

India Sukses Luncurkan Prithvi-II, Rudal Balistik Nuklir Pertama Mereka

33-india-sukses-luncurkan-rudal-prithvi-ii-bertenaga-nuklir
Rudal balistik Prithvi-II yang dipamerkan pada sebuah parade militer di India. Sumber: Associated Press

Sebenarnya, India sudah mengembangkan senjata nuklir sejak 1998 silam. Namun, karena mereka bukan bagian dari anggota Nuclear Non-Proliferation Treaty (pakta pencegahan senjata nuklir), maka hanya sedikit dari negara maju yang mau memberi sumber daya bagi New Delhi. India sendiri berkeinginan untuk mengembangkan rudal dengan persenjataan yang mampu mencegah serangan dari Pakistan secara efektif.

Tiongkok yang merupakan sekutu utama Pakistan disebut-sebut pernah memberi bantuan berupa rudal nuklir kepada Islamabad. Jadi, bisa dipastikan bahwa keberhasilan ujicoba rudal balistik India akan meningkatkan ketegangan antar kedua negara. Baik India dan Pakistan bisa saja mengancam akan menggunakan senjata nuklir dalam konflik di daerah Kashmir, India utara.

BACA JUGA :  2017, Littoral Mission Vessel Pertama Bertugas Di AL Singapura

AS berulang kali menyarankan agar India tidak mengembangkan senjata balistik mereka sendiri, namun terlalu lembek dan terlihat berbanding terbalik dengan reaksi yang mereka berikan terhadap ujicoba senjata nuklir Korut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Rusia Gandeng PT Dirgantara Indonesia Dalam Produksi Komponen Sukhoi

Rusia Gandeng PT Dirgantara Indonesia Dalam Produksi Komponen Sukhoi

2
Hobbymiliter.com - Indonesia dan Rusia melakukan penjajakan kerja sama di berbagai bidang, termasuk dalam pembuatan komponen pesawat Sukhoi. Rusia berniat menggandeng PT Dirgantara Indonesia...

Recent Comments