Friday, April 19, 2024
HomeKejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

Kejutan Beijing: Ekspor Senjata Tiongkok Naik Dua Kali Lipat

45-ekspor-senjata-tiongkok-meningkat-dua-kali-lipat
Perbandingan biaya pembuatan dan spesifikasi tank General Dynamics AS dan Norinco Tiongkok. Sumber: IHS Jane

“Peralatan yang mereka produksi jauh lebih canggih ketimbang sepuluh tahun silam, dan sudah menarik perhatian dari pasar-pasar yang lebih besar.”

Angka ekspor ini sejalah dengan pertumbuhan anggaran militer mereka. Tahun 2015, Beijing mengalokasikan $141,45 miliar, atau naik 10 persen dari tahun sebelumnya.

Kebanyakan senjata Tiongkok dijual ke negara tetangga dan sekutu regional seperti Bangladesh dan Myanmar. Namun mayoritas angka ekspor Tiongkok menyasar ke Pakistan dengan persentase 35 persen dari total penjualan.

Meski begitu Tiongkok masih kalah jauh dengan Amerika Serikat dan Rusia. Namun pangsa pasar sebesar 5,9 persen yang dimiliki Tiongkok tumbuh lebih pesat ketimbang Amerika Serikat pada periode lima tahun terakhir.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

54-rusia-bantu-iran-luncurkan-satelit-observasi

Gunakan Roket Soyuz, Rusia Akan Bantu Luncurkan Satelit Iran Pada 2018

0
Hobbymiliter.com - Rusia berencana untuk meluncurkan sistem observasi satelit bagi Republik Iran dalam dua tahun mendatang. Demikian disampaikan oleh Leonid Macridenko, kepala Sistem Pengawasan, Informasi,...

Recent Comments