Thursday, March 28, 2024
HomeNASA Bersiap Rakit Kendaraan Rover Untuk Misi Mars 2020

NASA Bersiap Rakit Kendaraan Rover Untuk Misi Mars 2020

Rover Curiousity, pendahulu Rover Mars. Sumber: mars.nasa.gov
Rover Curiousity, pendahulu Rover Mars. Sumber: mars.nasa.gov

Untuk mengurangi dan menghemat biaya, rover Mars 2020 akan dirancang serupa dengan pendahulunya, Curiousity yang memiliki bobot satu ton. Namun, rover tersebut akan dipersenjatai dengan beberapa instrument ilmiah terbaru yang memungkinkannya melakukan misi eksplorasi yang jauh lebih canggih daripada sebelumnya. Seperti contoh, menginvestigasi kegunaan dan ketersediaan sumber daya Mars, termasuk oksigen, demi mempersiapkan langkah bagi astronot untuk pergi kesana.

Misi Mars di tahun 2020 akan mengusung subsistem yang benar-benar baru. Rover tersebut akan diperlengkapi dengan alat bor pengekstrak tanah dan bebatuan di bagian lengannya, serta rak penyimpanan sampel. Sekitar 30 kotak sampel akan disimpan di beberapa lokasi terpilih untuk nantinya dijemput, jika NASA menggelar misi pengambilan sampel dari Mars. Kemudian dalam laboratorium di Bumi, peneliti akan menganalisis adanya bukti kehidupan masa lalu di Mars, dan potensi bahaya kesehatan yang mungkin terjadi apabila astronot dikirim kesana.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

3869

Video Latihan Menembak Tank PT-76M Marinir

0
PT-76M merupakan salah satu senjata andalan Marinir TNI-AL. Tank amphibi buatan Uni Soviet ini didatangkan secara besar besaran di era Orde Lama sebagai persiapan...

Recent Comments