Friday, April 26, 2024
HomeSukhoi Su-27 Rusia Hadang Pesawat Mata-mata AS Di Perbatasannya

Sukhoi Su-27 Rusia Hadang Pesawat Mata-mata AS Di Perbatasannya

Sukhoi Su-27. Sumber: The Avionist
Sukhoi Su-27. Sumber: The Avionist

Insiden ini merupakan salah satu dari serangkaian aksi mata-mata yang dilakukan oleh jet AS di dekat daerah perbatasan yang sedang digunakan Rusia untuk menggarap latihan perang Kaukasus 2016. Latihan berskala besar tersebut dibuka pada Senin (5/9) silam.

Pihak Rusia menambahkan bahwa aksi semacam ini sebenarnya tidak berguna sama sekali, karena pihaknya telah mengundang perwakilan militer dari 60 negara, termasuk beberapa diantaranya anggota NATO. Rusia juga menyertakan tempat bagi 100 wartawan internasional untuk menghadiri latihan akbar tersebut.

BACA JUGA :  PT DI Jajaki Kemungkinan Pesanan NC212i Tambahan Untuk AU Filipina

April silam, pesawat intelijen AS juga pernah mendekati ruang udara Rusia. Jet tempur Rusia langsung bereaksi cepat dengan memotong jalur penerbangan pesawat AS tersebut. Pihak Kemenhan Rusia pun menyerukan kepada AS untuk menahan diri dan tidak lagi mengirim pesawat ke perbatasannya. Jika memang tetap bersikeras, “setidaknya hidupkan transponder kalian supaya dapat teridentifikasi secara otomatis oleh radar kami,” ujar Kemenhan Rusia.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

Isi Teks Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928

0
Pertama: Kami poetra dan poetri Indonesia, mengakoe bertoempah darah jang satoe, tanah Indonesia. Kedoea: Kami poetra dan poetri Indonesia mengakoe berbangsa jang satoe, bangsa Indonesia. Ketiga: Kami poetra dan...

Recent Comments