Harga Sepucuk Senapan Serbu

1
62455
Harga sepucuk senapan serbu SS2
Senapan Serbu SS2V5 milik Pasukan Khusus Bangladesh

Hobbymiliter.com – Harga Sepucuk Senapan Serbu. Senjata perorangan adalah salah satu kelengkapan militer utama di angkatan bersenjata negara manapun dan pasti tidak asing bagi para penggemar kemiliteran. Nama nama senapan serbu seperti M4A1 Carbine, Pindad SS2, AK-47, Steyr AuG dan sejenisnya pasti fasih disebutkan para penggemar kemiliteran.

Nah, kali ini, kita tidak membahas kehebatan dan keunggulan masing-masing senapan serbu. Kita bahas berapa sih harga jualnya? Dalam artikel kali ini penulis akan menyajikan beberapa senapan serbu terkenal di dunia plus perkiraan harga per pucuk senapan tersebut. Harap diingat, harga ini hanyalah harga perkiraan belaka dan penulis mendapatkan sumber itu dari publikasi publikasi komersial.

1. Pindad SS2

assault-rifle-profile-of-pindad-ss2

Negara Pembuat: Indonesia
Produsen: PT Pindad
Perkiraan Harga: Rp. 9.000.000,00 (sumber Pindad)
Referensi: http://bisnis.liputan6.com/read/2212193/ini-dia-senjata-terlaris-buatan-pindad

Tidak lengkap rasanya apabila kita tidak membahas senapan serbu asli Indonesia yang merupakan produk lokal dan hasil desain Indonesia sendiri dan sudah berkali kali menjuarai AARM. Mengenai harga sepucuk seenapan serbu SS-2 sendiri dan nilai kontrak, penulis tidak mendapatkan harga kontrak dan publikasi resmi, hanya saja dalam beberapa wawancara dengan pihak Pindad, harga yang didapat adalah sekitar 8 jutaan dan antara 9-10 jutaan rupiah. Diperkirakan ini adalah harga untuk varian standar SS2 tanpa aksesoris (Optics, Laser Sight, Flashlight, Rail Adapter System dan lain lain)

BACA JUGA :  Erdogan: Pasukan Turki Akan Terus Maju Ke Selatan Perbatasan Suriah

Menurut media massa, SS2 sendiri telah terjual lebih dari 50 ribu pucuk dengan pengguna utama adalah Tentara Nasional Indonesia dan Polisi Republik Indonesia. Meskipun demikian, Pindad telah berhasil mengekspor beberapa pucuk SS2 ke negara lain, seperti diantaranya Bangladesh (tampak di awal artikel ini Pasukan Khusus Bangladesh membawa SS2V5) dan telah menjual lisensi produksi ke Uni Emirate Arab. Meskipun demikian saat ini belum ada berita resmi mengenai kontrak penjualan ke negara-negara asing.

2. COLT M4A1 Carbine

BACA JUGA :  PINDAD Tandatangani MoU Kerjasama Industri Pertahanan Dengan UEA, Rusia, Turki, Finlandia

m4a1_acog

Negara Pembuat: Amerika Serikat
Produsen: Colt, FN USA, Remington Arms dan banyak lagi
Perkiraan harga: US$ 700-800  (kontrak US Army 2016)
Referensi Harga:  http://www.thefirearmblog.com/blog/2016/04/05/breaking?remington?wins?m4?contract?review/

Sebuah senapan legendaris yang terkenal di seluruh dunia, Colt M4A1 carbine menjadi salah satu senapan serbu terpopuler saat ini, dimana dapat dikatakan hampir semua Special Force unit di seluruh dunia mengoperasikan salah satu varian dari senapan serbu tersebut (bahkan Spetsnaz Rusia sendiri mengoperasikan M4 produksi Russia sendiri dan varian HK-417). Salah satu hal unik dari M4A1 Carbine, senjata ini sudah lama habis patennya, dan saat ini banyak sekali pabrik yang memproduksinya baik di USA maupun di seluruh dunia. Oleh karena itu, kontrak produksi untuk M4A1 Carbine oleh US Military dapat “berpindah pindah” termasuk tendernya. FN USA dan Remington pernah mendapat “jatah” produksi. Namun pada kontrak terakhir oleh US Army, pabrikan asli nya lah yaitu Colt Defense yang mendapat jatah produksi senapan itu. Angka kontraknya? Fantastis! 212 juta US$ untuk 292 ribu pucuk M4A1 Carbine yang akan diproduksi hingga tahun 2020. Apabila dihitung, harga sepucuk senapan serbu M4 per unitnya sekitar US$ 725 (kondisi polos hanya senapan saja), cukup murah dibandingkan peralatan peralatan militer lain US Army. Apabila dihitung hitung, aksesoris M4A1 Carbine bisa lebih mahal dari senjatanya itu sendiri (harga untuk Scope ACOG lansiran Trijicon sendiri per unitnya 610 US$ dan harga untuk AN/PEQ-15A near visible Laser Sight sekitar 694 US$)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here