Saturday, April 20, 2024
HomeIndia dan Rusia Akan Teken Kontrak Pembelian Rudal SAM S-400 Triumf

India dan Rusia Akan Teken Kontrak Pembelian Rudal SAM S-400 Triumf

Sistem Rudal S-400 dalam sebuah latihan operasi militer. Sumber: AFP
Sistem Rudal S-400 dalam sebuah latihan operasi militer. Sumber: AFP

Rumor mengenai pembelian sistem rudal S-400 Triumf oleh militer India pertama kali mencuat pada Oktober 2015 silam. Sistem tersebut diketahui memiliki tiga jenis rudal dengan kemampuan berbeda. Kecepatannya mencapai level hipersonik dan dapat menangkal segala jenis ancaman dari jarak 120 hingga 400 kilometer. Ahli pertahanan Rusia juga mengklaim bahwa S-400 dapat “mengunci radar dan menjatuhkan” jet tempur siluman generasi kelima semacam F-35 milik US Air Force.

Pengadaan sistem rudal SAM S-400 di tubuh militer India adalah bentuk reaksi dari pengadaan serupa yang dilakukan oleh Pasukan Pembebasan Rakyat (PLA) Tiongkok. Tahun lalu, Rusia berhasil mendapatkan kontrak senilai 3 miliar dollar (39 triliun rupiah) untuk pembelian enam unit baterai S-400. Tiongkok diperkirakan akan mulai menerima pesanan mereka pada tahun depan.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Penembakan RPG-7

Foto Latihan Penembakan ATGL-L

0
Personel TNI sedang berlatih menembakkan roket ATGL-L. ATGL-L merupakan salah satu copy RPG-7. ATGL-L merupakan RPG-7 clone yang dibuat di Bulgaria.

Recent Comments