Friday, April 19, 2024
HomeMengenal Boeing AH-64E Apache Guardian, Helikopter Tempur Pesanan TNI AD

Mengenal Boeing AH-64E Apache Guardian, Helikopter Tempur Pesanan TNI AD

AH-64E US Army
Unit-unit helikopter AH-64E milik Angkatan Darat Amerika Serikat.
Sumber : breakingdefense.com

Untuk menunjang sistem deteksi target M-TADS, serta radar penjejak target dan kendali penembakan Longbow, dipasang pula perangkat Forward Looking Infra Red atau FLIR yang dapat digunakan untuk mencari sasaran dengan menggunakan gelombang infra merah. Kesemua fitur tersebut memungkinkan helikopter tempur ini untuk dapat bertempur dalam situasi dan kondisi cuaca apapun. Konfigurasi senjata juga dapat dilakukan sesuai misi yang akan diembankan. Semisal, untuk menghalau gerak maju pasukan lapis baja musuh, disiapkan konfigurasi 16 unit rudal udara ke darat AGM 114 Hellfire serta 4 unit rudal udara ke udara AIM-9 Sidewinder.

BACA JUGA :  Kontrak Dukungan Perawatan Meriam Artileri Swagerak CAESAR TNI AD

Pembelian AH-64E Guardian Oleh Indonesia

Kontrak penjualan AH-64E untuk pemerintah Indonesia disetujui oleh pemerintah Amerika Serikat pada bulan Agustus 2013. Nilai kontrak tersebut sebesar 500 juta Dollar Amerika Serikat. Sebanyak 8 unit helikopter baru AH-64E akan tiba pada awal 2017. Mekanisme kontrak yang digunakan yakni dengan mekanisme Foreign Military Sales atau FMS.

Penutup

Hadirnya helikopter tempur AH-64E Guardian ini tentu akan menambah daya gempur skuadron helikopter serang milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Darat atau Puspenerbad. Sebelumnya unit-unit helikopter Mi-35P telah menjadi andalan untuk menjalankan fungsi helikopter serang dalam tubuh Penerbangan TNI AD.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Vasily Bekh Tugboat Rescue Russia Ditenggelamkan Pasukan Ukraina

Vasily Bekh Tugboat Rescue Russia Ditenggelamkan Pasukan Ukraina

0
Hobbymiliter.com - Vasily Bekh Tugboat Rescue Russia Ditenggelamkan Pasukan Ukraina. Pasukan militer Ukraina dikabarkan berhasil menenggelamkan satu unit kapal Tugboat Rescue milik armada Angkatan...

Recent Comments