Latma Elang Indopura 2016 Sukses Digelar

0
2123
F-16 TNI AU dan RSAF dalam Elang Indopura 2016
Pesawat jet tempur F-16 milik RSAF dan TNI AU yang terlibat dalam Latma Elang Indopura 2016. Sumber : Singapore Mindef

HobbyMiliter.com – Panglima Angkatan Udara Singapura Mayor Jenderal Mervyn Tan dan Kepala Staf Angkatan Udara Indonesia Marsekal TNI Agus Supriatna menghadiri bersama upacara penutupan Latihan Bersama (Latma) Elang Indopura siang ini. Upacara dilaksanakan di Pangkalan Udara Roesmin Nurjadin di Pekanbaru, Indonesia. Gelaran latihan tempur bersama yang dilakukan Angkatan Udara Singapura (Republic of Singapore Air Force atau RSAF) dengan TNI Angkatan Udara tersebut merupakan gelaran latihan yang ke-19 kalinya. Latihan tempur bersama tersebut diadakan pada tanggal 16 November 2016 hingga tanggal 2 Desember 2016.

BACA JUGA :  Meski Diancam Korut, Latihan Perang Gabungan Korsel dan AS Tetap Dimulai

Latihan tempur bersama Elang Indopura tersebut terbagi ke dalam dua fase. Fase – fase tersebut yakni fase Latihan Pos Komando yang dilaksanakan di Pangkalan Udara Paya Lebar di wilayah Singapura. Fase latihan tersebut diadakan pada tanggal 16 November 2016 hingga 18 November 2016. Fase selanjutnya yakni fase Latihan Manuver Udara yang diadakan di Pangkalan Udara TNI AU Roesmin Nurjadin, di Pekanbaru. Fase latihan tersebut berlangsung sejak tanggal 21 November 2016 hingga 2 Desember 2016. Sebanyak 150 prajurit dari kedua Angkatan Udara dan 10 unit pesawat termasuk didalamnya unit jet tempur F-16 C/D milik RSAF dan F-16 A/B milik TNI AU terlibat dalam latihan ini.

BACA JUGA :  Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Menanggapi peningkatan hasil capaian latihan tersebut, Komandan Grup Tempur sekaligus Koordinator Latihan RSAF untuk Latma Elang Indopura 2016, Kolonel Linus Tan menyatakan, “Latihan ini menyediakan platform yang bernilai untuk memperkuat hubungan bilateral antara RSAF dan TNI AU. Selain itu, kesempatan untuk berlatih bersama rekan dari negara tetangga telah membuat penerbang kami mengembangkan kompetensi profesional mereka dan mempromosikan pemahaman yang mutual diantara kedua Angkatan Udara”.

Latihan Tempur Bersama (Latma) Elang Indopura menjadi sebuah platform yang tepat untuk meningkatkan profesionalisme dari RSAF dan TNI AU. Latihan ini juga membantu terciptanya pemahaman yang mutual serta interoperabilitas diantara kedua Angkatan Udara. Latihan ini juga menunjukkan kedekatan hubungan bidang pertahanan yang telah terjalin cukup lama antara Singapura dan Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here