KRI Fatahillah 361 After MLU
KRI Fatahillah 361 ditambat oleh kapal tunda. Tampak dalam gambar radar Terma Scanter yang merupakan perangkat baru yang dipasangkan di kapal perang tersebut menggantikan radar sebelumnya yang berbentuk 'Bola'.Sumber : IMF/Istimewa.

HobbyMiliter.com – KRI Fatahillah 361 telah menyelesaikan program peremajaan berupa Mid-Life Upgrade. Kapal perang jenis Korvet milik TNI Angkatan Laut tersebut diserahkan ke pihak Kementerian Pertahanan Republik Indonesia pada hari Jumat, 2 Desember 2016 di fasilitas PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero).

Kapal perang jenis Korvet yang merupakan kapal perang buatan Belanda dan diproduksi pada tahun 1977 dan diluncurkan pada tahun 1979 tersebut menjalani program peremajaan untuk meningkatkan kemampuan tempurnya kembali. Sebelumnya, kapal perang dalam kelas Fatahillah (sebanyak 3 kapal) yakni KRI Fatahillah 361, KRI Malahayati 362, dan KRI Nala 363 sebelumnya dinyatakan kehilangan kemampuan tempur hingga 80 persen akibat sistem senjata yang sudah termakan usia.

Baca juga :   Rusia Gelar Latihan Sistem Senjata Pertahanan Pantai Dekat Perbatasan

Namun pada pelaksanaan MLU kali ini, KRI Fatahillah 361 yang merupakan Lead Ship dari kelas Fatahillah mendapat beberapa perlengkapan baru. Diantaranya radar Surveillance udara dan permukaan Terma Scanter, sistem sonar Hull Mounted, serta integrasi Combat Management System besutan perusahaan Ultra Electronics.

Selain penggantian perlengkapan sistem deteksi serta peningkatan kemampuan deteksi kapal terhadap target atau ancaman, program MLU ini juga mencakup perbaikan beberapa bagian badan kapal seperti penggantian mesin dan propeller atau baling – baling kapal, serta perbaikan bagian lambung kapal. KRI Fatahillah 361 yang telah berhasil dilakukan peremajaan dengan melibatkan elemen BUMN (PT. LEN dan PT. Dok dan Perkapalan Surabaya (Persero) )merupakan salah satu hasil pencapaian usaha Transfer of Technology yang dilakukan untuk dapat menguasai teknologi – teknologi penting baik dalam hal produksi maupun perawatan Alutsista Strategis yang akan atau sudah digunakan oleh TNI.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here