Tuesday, October 26, 2021
HomeSingapura Luncurkan PCSV, Kendaraan MRAP Pertamanya

Singapura Luncurkan PCSV, Kendaraan MRAP Pertamanya

HobbyMiliter.com – Angkatan Darat Singapura, baru – baru ini meluncurkan platform kendaraan anti ranjau pertama produksi dalam negeri Singapura. Kendaraan ini dinamai Belrex Protected Combat Support Vehicle atau PCSV. Kendaraan tempur anti ranjau ini memiliki bobot seberat 20 ton dengan sistem kemudi 4WD. Kendaraan ini diluncurkan pada tanggal 25 November 2016. Kendaraan anti ranjau tersebut diluncurkan dalam sebuah acara seremonial yang dihadiri oleh Menteri Pertahanan kedua Singapura, Ong Ye Kung. Acara peluncuran kendaraan tempur ini diadakan di area latihan tempur milik Angkatan Bersenjata Singapura dibagian barat dari negara puau tersebut.

BACA JUGA :  Media Tiongkok: Australia Target Ideal Untuk Diserang Jika Ikut Campur di Laut Cina Selatan

Kendaraan tempur PCSV merupakan kendaraan yang dapat digolongkan kedalam kategori kendaraan tempur anti ranjau atau Mine Resistant Ambush Protected (MRAP). Kendaraan tempur tersebut mengambil basis desain dari kendaraan tempur MRAP Paramount Marauder yang dibuat oleh negara Afrika Selatan. Nantinya kendaraan tempur ini akan ditempatkan pada unit – unit infanteri mekanis yang dimiliki oleh Angkatan Darat Singapura.

Kendaraan tersebut dapat menampung 8 orang prajurit sekali angkut. Diawaki oleh 2 orang prajurit, kendaraan tempur ini juga menawarkan konsep desain modular yang memungkinkan nya untuk dikonfigurasikan kedalam beberapa varian sesuai dengan misi yang akan diembannya. Berdasarkan spesifikasi teknis yang dirilis oleh Kementerian Pertahanan Singapura, PCSV dapat mencapai kecepatan maksimal 110 kilometer per jam dan dapat menempuh jarak maksimal 600 kilometer. Kendaraan tempur tersebut diperlengkapi dengan senjata bela diri berupa senapan mesin ringan kaliber 7.62 milimeter yang ditempatkan dalam suatu unit Remote Control Weapon System atau RCWS. PCSV sanggup melibas penghalang vertikal dengan ketinggian 0,4 meter, dan parit pertahanan dengan kedalaman 0,95 meter.

BACA JUGA :  Korea Selatan Terima Rudal Jelajah Taurus

Fitur canggih lainnya yang “ditanamkan” dalam kendaraan tempur PCSV tersebut, yakni perangkat komunikasi on-board yang dapat mendukung proses komunikasi suara dan transfer data berkecepatan tinggi dengan jaringan Army Battlefield Internet atau ABI milik Angkatan Bersenjata Singapura. Perangkat ini memungkinkan kendaraan tempur tersebut untuk dapat berkomunikasi dengan kendaraan tempur lainnya seperti IFV Terrex 8×8 milik Angkatan Darat Singapura.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua