Tuesday, May 28, 2024
Home Pentagon Perkenalkan Teknologi Pengubah Pesawat Menjadi Drone

[VIDEO] Pentagon Perkenalkan Teknologi Pengubah Pesawat Menjadi Drone

Hobbymiliter.com – Biro Proyek Riset Mutakhir bidang Pertahanan (DARPA) milik Pentagon memiliki visi masa depan dimana pesawat tidak lagi membutuhkan awak dan kendaraan dirgantara sepenuhnya dikendalikan secara swatantra. Konsep tersebut nampaknya sudah berhasil diperagakan dengan baik dalam ujicoba DARPA baru-baru ini.

DARPA menggubah sebuah teknologi yang dinamakan Aircrew Labor In-Cockpit Automation System (ALIAS) yang dapat mengubah pesawat tempur militer Amerika Serikat menjadi drone yang dioperasikan oleh robot pilot.

Hingga saat ini, perangkat ALIAS buatan DARPA sudah diujicoba pada dua pesawat Cessna 208, helikopter Sikorsky S-76, dan pesawat Diamond DA-42 berpiston ganda dengan empat kursi penumpang. “Semua kendaraan diatas berhasil melakukan reaksi cepat tanggap saat dilakukan simulasi krisis diatas udara, termasuk pada saat mengalami kegagalan mesin. Bongkar pasang perangkat (ALIAS) tidak mempengaruhi kelaikan (pada pesawat),” catat DARPA.

Eileen Aurora
Eileen Aurora
Punya passion yang tinggi di penulisan artikel militer. Berusaha memberikan artikel artikel yang update di situs www.hobbymiliter.comSimak sajian berita militer hari ini dari kami setiap harinya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16A deployment di Biak

Foto Foto Deployment 3 F-16A Skadron Udara 16 di Lanud Manuhua...

0
HobbyMiliter.com - Pada tanggal 27 sampai dengan 29 Oktober 2015, Flight F-16 Skadron Udara 16 melaksanakan salah satu program latihan profisiensi terbang jelajah jarak...

Recent Comments