Wednesday, March 27, 2024
HomeAlutsistaRanpurKAPA K-61, Rantis Amfibi Legendaris Milik Korps Marinir.

KAPA K-61, Rantis Amfibi Legendaris Milik Korps Marinir.

KAPA K-61, Rantis Amfibi Legendaris Milik Korps Marinir – HobbyMiliter.com – Satu alutsista lagi yang legendaris milik Korps Marinir TNI AL, yaitu KAPA (Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri) K-61. Sudah pasti K-61 dikatakan legendaris, Julukan “Penyambung Lidah Operasi Amfibi” ini berusia hampir menginjak 60 tahun beroperasi di Indonesia, membantu banyak operasi tempur serta turut aktif dalam berbagai macam operasi kemanusiaan, contohnya evakuasi keyika terjadi bencana banjir. Bahkan K-61 juga dioperasikan sebagai platform untuk merancang prototipe kendaraan tempur APC amfibi Marinir.

BACA JUGA :  Xi Jinping Layangkan Keberatan Soal Sistem Rudal THAAD Milik AS Di Korsel

Kapa-1

Walaupun sudah termasuk tua, kendaraan taktis KAPA K-61 masih sangat terawat dalam kondisi prima. KAPA K-61 memiliki fungsi utama untuk mengangkut senjata artileri dari kapal berjenis LST (Landing Ship Tank) atau LPD (Landing Platorm Dock) sampai mendarat di area Howitzer steling di daratanan.

Bobot maksimalnya (plus payload) K-61 adalah 14.000 kg, dengan bobot di air mencapai 9.550 Kg dan bobot di darat sekitar 12.550 Kg. Sama halnya seperti ranpur/rantis peninggalan perang dingin lainnya, K-61 juga sering digunakan oleh negara-negara sahabat Uni Soviet. Di wilayah Asia Tenggara, Vietnam dikabarkan juga memakai ranpur K-61.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

F-16 TS1639

Lima Unit Pesawat Tempur F-16 Tiba dari Amerika Serikat

0
Lima unit pesawat tempur F-16 Falcon yang merupakan hibah dari Amerika Serikat telah mendarat di lanud Iswahyudi, Madiun pada hari Rabu, 21 September 2016....

Recent Comments