Tuesday, March 19, 2024
HomeAS dan Tiongkok Siaga Perang Radar Elektronik Di Laut Cina Selatan

AS dan Tiongkok Siaga Perang Radar Elektronik Di Laut Cina Selatan

Hobbymiliter.com – Ketegangan akibat perebutan klaim atas perairan Laut Cina Selatan semakin membuat Amerika Serikat campur tangan dalam kondisi geopolitik di Asia Tenggara dan Timur. Baik AS dan Tiongkok terlihat bersiap untuk berseteru dengan memanfaatkan kelebihan teknologi radar elektroniknya masing-masing.

Dalam beberapa tahun terakhir, Tiongkok dilaporkan banyak membangun fasilitas radar di atas pulau yang mereka reklamasi di Laut Cina Selatan. Teknologi ini bisa dimanfaatkan untuk banyak kepentingan, dan membuat kemampuan intelijen Tiongkok mampu merespon langsung ancaman yang terdapat di sekitar sebagian besar wilayah regional tersebut.

BACA JUGA :  AS Secara Resmi Tuduh Rusia Sebagai Dalang Peretasan Email Partai Demokrat

Meskipun fasilitas radar ‘kurang mematikan’ jika dibandingkan dengan sistem rudal darat-ke-udara, dan pangkalan udara, namun faktanya, hal ini membuat Tiongkok semakin unggul dari negara-negara lain yang beroperasi di perairan Laut Cina Selatan. Hal ini disampaikan dalam kolom blog The Strategist yang dimiliki oleh Australian Strategic Policy Institute.

Jaringan radar Tiongkok yang semakin meluas membuat negeri tirai bambu tersebut semakin tanggap dalam melacak aset militer asing yang beroperasi di sekitar regional tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

62-anggaran-belanja-negara-anggota-nato

Hanya 5 dari 28 Negara Anggota NATO Yang Belanja Militernya Ideal

1
Hobbymiliter.com - Amerika Serikat adalah satu dari lima negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) yang memenuhi persentase anggaran pertahanan ideal, demikian menurut para...

Recent Comments