Wednesday, April 24, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Hari Kemerdekaan Thailand

Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand

Sejarah Hari Kemerdekaan Thailand – HobbyMiliter.com – Hari Kemerdekaan Thailand, yang juga dikenal sebagai Hari Nasional Thailand, dirayakan setiap tahun pada tanggal 5 Desember. Merupakan hari yang penting dalam sejarah Thailand, perayaan ini mengenang perjuangan bangsa Thailand untuk mempertahankan kedaulatan dan merdeka dari dominasi kolonialisme. Mari kita melihat lebih dekat sejarah Hari Kemerdekaan Thailand dan bagaimana perjuangan bangsa tersebut mempengaruhi pembentukan negara modern yang kita kenal hari ini.

Periode kolonialisme di Asia Tenggara pada abad ke-19 melihat banyak negara di wilayah ini jatuh ke dalam pengaruh kekuatan Eropa. Thailand, yang pada saat itu dikenal sebagai Siam, juga menghadapi tekanan dari negara-negara imperialis seperti Inggris dan Prancis. Pada tahun 1896, Inggris dan Prancis membuat Perjanjian Anglo-Siam yang membagi wilayah-wilayah Siam (nama lawas Thailand) di antara mereka, yang menempatkan Thailand dalam ancaman langsung untuk kehilangan kedaulatan dan kemerdekaannya.

BACA JUGA :  Sejarah dan Peta Provinsi Jawa Timur

Namun, perlawanan terhadap dominasi kolonialisme mulai tumbuh di antara rakyat Thailand. Pada tanggal 1 April 1911, sekelompok perwira militer muda yang dikenal sebagai “Khana Ratsadon” atau Gerakan Pemberontakan Rakyat, melancarkan kudeta terhadap pemerintahan absolut Raja Rama VI. Gerakan ini dipimpin oleh Pangeran Maha Vajiravudh, yang kemudian menjadi Raja Rama VI, dan didukung oleh kalangan intelektual dan rakyat yang ingin mengembalikan kedaulatan dan merdeka bagi Thailand.

Setelah menggulingkan pemerintahan absolut Raja Rama VI, Khana Ratsadon memproklamirkan sistem konstitusional di Thailand dan mengadopsi konstitusi yang memberikan kekuasaan kepada rakyat. Konstitusi 1912 menjadi tonggak penting dalam sejarah politik Thailand, mengubah sistem pemerintahan menjadi monarki konstitusional. Hal ini membuka jalan bagi perkembangan demokrasi di Thailand dan memberikan suara kepada rakyat dalam pengambilan keputusan negara.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Logo Vektor Denjaka

Profil Pasukan Denjaka TNI AL, Pasukan Elit Indonesia yang Misterius

3
Profil Pasukan Denjaka TNI AL, Pasukan Elit Indonesia yang Misterius - HobbyMiliter.com. Denjaka adalah salah satu pasukan Indonesia yang paling ditakuti. Maklum, tugasnya sebagai...

Recent Comments