Tuesday, March 26, 2024
HomeBlog MiliterMedia Tiongkok Ancam India Soal Penjualan Rudal Akash Ke Vietnam

Media Tiongkok Ancam India Soal Penjualan Rudal Akash Ke Vietnam

Hobbymiliter.com – Setiap langkah dari India untuk meningkatkan hubungan kerjasama militernya dengan Vietnam demi menangkal Tiongkok, akan menghasilkan “ketegangan” di regional Asia Pasifik. Beijing tidak akan tinggal diam, ujar corong media pemerintah Tiongkok dalam publikasinya hari Rabu, 11 Januari. Pernyataan ini ditengarai sebagai respon Tiongkok atas rencana penjualan rudal darat ke udara (SAM) Akash buatan India kepada Vietnam.

“Jika pemerintah India benar-benar menganggap bahwa peningkatan hubungan militer antara pihaknya dengan Vietnam sebagai pengaturan strategis untuk melakukan balas dendam terhadap Beijing, maka hal tersebut hanya akan mengganggu stabilitas di regional (Asia Pasifik),” tulis sebuah oplah yang diterbitkan oleh tabloid Global Times.

BACA JUGA :  Tank T-72: Simbol Kekuatan Militer Soviet

Tiongkok sebagai salah satu eksportir senjata terbesar di dunia saat ini merasa perlu untuk mempertahankan dominasinya di kawasan Asia, ujar laporan dari India Times. Inilah mengapa Beijing terus mencegah India masuk ke dalam Kelompok Pemasok Nuklir (NSG) karena khawatir industri nuklir India akan berkembang pesat. “Setiap langkah (yang dilakukan Vietnam) untuk membeli alutsista dari India akan membuat Beijing gugup,” tulis laporan tersebut.

Tiongkok sejatinya tidak mempermasalahkan hubungan militer antara Vietnam dan India. “Namun, hubungan semacam ini harusnya dibangun semata-mata demi perdamaian dan kestabilan di kawasan (Asia Pasifik), dan bukannya untuk memancing ketegangan dan kekhawatiran,” tulis Global Times.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

MARINIR INDONESIA – AMERIKA KEJAR MUSUH DI HUTAN SELOGIRI

0
MARINIR INDONESIA – AMERIKA KEJAR MUSUH DI HUTAN SELOGIRI - HobbyMiliter.com - Dispen Kormar (Banyuwangi). Prajurit Korps Marinir TNI AL dan Marinir Amerika Serikat (USMC)...

Recent Comments