Saturday, April 27, 2024
HomeIndia Luncurkan Satelit Navigasi Keenam, Berharap Setara Dengan AS

India Luncurkan Satelit Navigasi Keenam, Berharap Setara Dengan AS

Hobbymiliter.com – Indian Space Research Organization (ISRO) pada hari Kamis (10/3) meluncurkan satelit navigasi keenamnya, IRNSS-1F dengan menunggangi roket penyokong Polar Satellite Launch Vehicle – PSLV C32.

Satelit tersebut diluncurkan setelah mendapat lampu hijau dari Komite Penilik Kesiapan Misi dan Dewan Otorisasi Peluncuran Antariksa India.

Tujuan dari peluncuran satelit navigasi tersebut adalah untuk menyediakan layanan navigasi yang lebih baik, dengan tingkatan yang setara dengan GPS milik Amerika Serikat.

IRNSS-1F memiliki umur produktif selama 12 tahun. Satelit tersebut memiliki dua jenis muatan, yakni untuk keperluan navigasi, dan untuk komunikasi berjarak.

BACA JUGA :  Tiongkok Salahkan Filipina Atas Polemik Laut Cina Selatan

Muatan navigasi IRNSS-1F akan mentransmisikan sinyal layanan navigasi kepada pengguna. Muatan ini menjalankan pita komunikasi L5-band dan S-band. Sebuah jam atom rubidium super akurat juga digunakan sebagai bagian dalam muatan navigasi satelit tersebut.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Hawk 109 dan Hawk 209 TNI AU. Kredit Foto: Ipenk666/Ifan Triyanto.

Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM

3
HobbyMiliter.com - Ketika Hawk 209 TNI AU Digunakan Melawan GAM. Kisah ini terjadi di awal Operasi Militer Terpadu di Aceh, 2003. Dikawal empat Hawk 200...

Recent Comments