F18 E/F Super Hornet Akan Melaksanakan Program SLEP
F18 E/F Super Hornet Akan Melaksanakan Program SLEP.Sumber : janes

HobbyMiliter.com – US Navy Laksanakan Program SLEP Untuk Armada Jet Tempur F18 Super Hornet. Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy resmi meluncurkan program penambahan usia pakai atau Service Life Extension Programme (disingkat SLEP) bagi armada jet tempur F18 E/F Super Hornet yang sudah mencapai masa akhir pemakaian. Demikian diumumkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat pada tanggal 28 Februari lalu. Naval Air Systems Command telah mengontrak perusahaan industri pertahanan Boeing yang juga sekaligus produsen pesawat jet tempur tersebut dengan kontrak senilai 73,2 juta Dollar AS untuk memperpanjang usia pakai 4 unit batch pertama pesawat jet tempur F18 E/F Super Hornet dari sebelumnya 6.000 jam terbang menjadi hingga 9.000 jam. Diperkirakan pengerjaan proyek ini akan berlangsung hingga tahun 2020.

Baca juga :   Tiongkok Tempatkan Dua Jet Tempur Ke Wilayah Sengketa Laut Cina Selatan

Sebelumnya pada medio tahun 2016 diberitakan bahwa Angkatan Laut Amerika Serikat atau US Navy sedang berencana untuk melakukan Program SLEP untuk unit – unit pesawat jet tempur F18 E/F Super Hornet yang pertama kali dikirimkan pada tahun 1990, bersamaan dengan dicapainya titik akhir masa pakai pesawat – pesawat tersebut. Namun demikian, belum jelas diketahui berapa banyak unit pesawat jet tempur Super Hornet yang akan diupgrade dan atau diperpanjang masa pakai airframe nya tersebut. Meski belum dapat dipastikan jumlah pesawat yang diupgrade atau diperpanjang masa pakai nya namun isu berhembus bahwa kemungkinan besar Angkatan Laut Amerika Serikat akan melaksanakan Program SLEP bagi kebanyakan atau bahkan seluruh unit pesawat jet tempur Super Hornet yang bertugas di tubuh Aviasi Angkatan Laut Amerika Serikat.

Baca juga :   “Tentara Uni Eropa Belum Zamannya” – Kepala Urusan Luar Negeri UE

Saat ini, tercatat tidak kurang dari 568 unit pesawat jet tempur F18 E/F Super Hornet yang masih bertugas di jajaran Aviasi Angkatan Laut Amerika Serikat. Terdapat juga kemungkinan, meskipun masih samar, bahwa sebanyak 160 unit pesawat jet untuk perang elektronika EA18 Growler yang akan dikirimkan ke Angkatan Laut Amerika Serikat juga akan mendapat peningkatan kemampuan dan usia pakai airframe sesuai dengan standar program SLEP tersebut. Langkah peningkatan usia pakai melalui program SLEP ini juga dimaksudkan sebagai Stop-gap untuk menunggu masuknya F35C sebagai jet tempur varian kapal induk yang kelak akan menggantikan peranan dari jet – jet tempur Super Hornet tersebut.