Tuesday, March 19, 2024
HomeMiliterAlutsistaAH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS

AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS

Mengenal AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS – HobbyMiliter.com – AH-1Z memang bukan heli ciptaan baru pabrik Bell Helicopter Textron AS. Sejarahnya tidak lepas dari evolusi 35 tahun kehebatan AH-1 HueyCobra di medan Perang Vietnam (1965-1974). Namun, munculnya varian baru AH-1Z Viper ini menjadi titik perhatian serius para pejabat di kementerian pertahanan dan di angkatan bersenjata, karena kemampuannya yang dikatakan canggih dalam tiga hal: bertahan, deteksi, dan menyerang.

Bahkan, kabarnya lagi AH-1Z Viper kini telah mengungguli berbagai kemampuan yang telah diterapkan pada beberapa helikopter serang canggih seperti Boeing AH-64D Apache, Eurocopter Tiger, AgustaWestland A-1291 Scorpion, Mil Mi-28, Kamov/IAI Ka-50-2 Erdogan, maupun pesaing lain seperti Denel CSH Rooivalk dari Afrika Selatan.

BACA JUGA :  Supriyadi dan Pemberontakan PETA Blitar 14 Februari 1945
AH-1Z Viper, Heli Serang Andalan Marinir AS
Kokpit Helikopter Serang AH-1Z

Pihak Bell mengatakan dari beberapa contoh perbandingan, kemampuan AH-1Z Viper memang lebih baik dari pesaing pesaingnya. Misalnya, perangkat FLIR (Forward Looking Infra Red) yang digunakan Viper adalah dari generasi ketiga, yakni piranti TSS (Target Sight System) yang menggantikan sistem NTS [Night Sight System) yang digunakan AH-1W.

Meski demikian, penggantian NTS ini tidak serta merta menghilangkan kemampuan penglihatan pada malam hari itu. Perangkat deteksi TSS dikatakan lebih canggih, bahkan ketika dibandingkan dengan gelombang radar milimetrik Longbow yang digunakan AH-64D Apache untuk mendeteksi atau mengarahkan gerakan rudal Hellfire menuju target.

BACA JUGA :  IFV Stryker Dengan Senjata Meriam Otomatis Ditempatkan Di Eropa

Dengan TSS, heli tempur Viper mampu memberikan tingkat probabilitas lebih akurat soal keberadaan dan serangan musuh kepada pilot melalui empat buah LCD [Liquid Cristal Display) berukuran 6 x 8 inci (dua di kokpit depan dan dua di kokpit belakang). Avionik kokpitnya dibuat serupa. Dengan HOCAS [Hands On Collective and Stick Controls) yang fleksibel, memungkinkan posisi pilot dan kopilot atau gunner mengambil duduk bertukaran di mana saja, di kokpit depan atau belakang dari beli bertubuh ramping ini.

AH-1Z dilengkapi dengan rudal Sidewinder - HobbyMiliter.comHandle (grip) untuk melancarkan misi penembakkan terletak di samping depan kursi pilot. Bila diperhatikan agak unik juga. Sebab serupa dengan game stick Nintendo 64. Selanjutnya terdapat pula console box tambahan di depan kursi pilot. Tampilan ini ditenagai baterai DC. Fungsinya untuk meng-guide pilot menuju markas bila suatu hal menghantam heli hingga mematikan sumber listrik dua arahnya.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

oto uji coba kemampuan mendobrak rantis komodo buatan PT Pindad.

Komodo Pendobrak!

0
Foto uji coba kemampuan mendobrak rantis komodo buatan PT Pindad. Uji coba dilakukan dengan menabrak tembok bata yang disimulasikan sebagai bangunan. Rantis Komodo berhasil melakukan...

Recent Comments