I Gusti Ngurah Rai Launched
Kapal perang jenis Perusak Kawal Rudal pesanan TNI AL, KRI I Gusti Ngurah Rai 332 saat hari peluncuran.Sumber : Formil / Istimewa.

Kamis, 29 September 2016 menjadi hari yang bersejarah bagi PT. PAL Indonesia (Persero). Di hari inilah PT. PAL Indonesia (Persero) sebagai BUMN Industri Strategis kembali meluncurkan produk kapal perang dari jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) dan Strategic Sealift Vessel.

 

Kapal perang yang di luncurkan merupakan pesanan dua negara, yakni Indonesia dan Filipina. Untuk Indonesia, PT. PAL meluncurkan kapal Perusak Kawal Rudal (PKR) KRI I Gusti Ngurah Rai 332. Kapal ini merupakan unit kedua dari jenis Perusak Kawal Rudal yang dibangun di PT. PAL Indonesia (Persero). Rencananya kapal ini akan menjadi kapal pengisi kekurangan di Satuan Kapal Eskorta TNI AL, sebagai “Kapal Fregat Multi-peran”.

Baca juga :   Lindungi 2/3 Negaranya, Korea Selatan Resmi Tempatkan Sistem Anti Rudal Buatan AS
BRP Davao Del Sur
BRP Davao Del Sur 602 saat hari peluncuran.
Sumber : Formil / Istimewa.

Adapun kapal kedua, BRP Davao Del Sur 602 merupakan pesanan Filipina. Dibuat atas dasar kontrak kerja senilai 3,87 juta Peso. Kapal ini merupakan unit kedua yang dibuat dari pesanan total 2 unit. Kapal pertama, BRP Tarlac 601 telah masuk dalam layanan aktif Angkatan Laut Filipina. Adapun beberapa waktu sebelumnya, telah diberitakan bahwa BRP Tarlac mengalami insiden tabrakan dengan sebuah kapal tanker di perairan Zamboanga.

Upacara peluncuran dilakukan di Fasilitas Perakitan dan Produksi Kapal Perang, Divisi Kapal Perang PT. PAL Indonesia (Persero) di Surabaya. Sekalipun telah menjalani prosesi peluncuran atau Launching, posisi kedua kapal masih berada di dok produksi PT. PAL. Kabar yang dihimpun oleh hobbymiliter, kedua kapal masih menunggu pasang air laut agar dapat dikeluarkan dari dok produksi. Kedua kapal ini merupakan bukti bahwa industri strategis pertahanan di dalam negeri mampu untuk memenuhi kebutuhan konsumen sektor pertahanan baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here