Saturday, June 25, 2022
HomeBerita Militer DuniaMiliter JepangJepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan – HobbyMiliter.com – Dalam rangka memperkuat hubungan diplomasi dengan negara – negara kawasan Asia-Pasifik, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) akan mengirimkan satu unit kapal pengangkut helikopter yang dimilikinya untuk melaksanakan misi pelayaran di wilayah Laut China Selatan serta Samudera Hindia.

Pengiriman kapal angkut helikopter ini sekaligus merupakan wujud langkah nyata negara Matahari Terbit tersebut untuk memperkuat kehadiran militernya di wilayah Laut China Selatan yang saat ini sedang disengketakan oleh beberapa negara.

BACA JUGA :  Bangladesh Terima Kapal Selam Type 035 Dari China

Adapun kapal perang yang ditugaskan dalam misi kali ini yakni Japanese Ship atau JS Kaga, satu dari dua unit kapal perang jenis Helicopter Destroyer kelas Izumo. Rencananya, penugasan tersebut akan dilaksanakan pada bulan September yang akan datang. Dalam perjalanannya, JS Kaga (DDH-184) akan singgah sejenak di beberapa negara anggota ASEAN seperti Indonesia dan Filipina serta kemudian berlabuh di India dan Sri Lanka.

Disamping itu, ia juga akan mengunjungi Singapura dan merapat ke Changi Naval Base menjelang waktu pelaksanaan Pertemuan Menteri Pertahanan Asean atau ASEAN Defence Ministers’ Meeting atau ADMM ke-12 serta ADMM Plus ke-5 yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 20 Oktober 2018 nanti.

BACA JUGA :  Klarifikasi Kedutaan Besar Amerika di Jakarta Atas Penulisan F-16C/D Block 25ID

JS Kaga dengan nomor lambung 184 merupakan kapal kedua dari kapal angkut helikopter kelas Izumo yang dimiliki oleh Pasukan Bela Diri Maritime Jepang atau JMSDF. Sebelumnya, pada tahun 2017 yang lalu Jepang telah mengirimkan kapal perang jenis pengangkut helikopter dari kelas yang sama, yakni JS Izumo dengan nomor lambung 183, juga ke Laut China Selatan.

Dalam nomenklatur Jepang, kapal induk pengangkut helikopter disebut sebagai Helicopter Destroyer, dengan kode prefix DDH diikuti nomor lambung masing – masing kapal. Jepang tercatat memiliki empat unit kapal yang dibagi kedalam dua kelas yang berbeda.

BACA JUGA :  Rusia Akan Produksi Pesawat Sukhoi SU-35 Untuk Indonesia

Dua kelas tersebut yakni kelas Hyuga, dengan dua kapal yakni JDS Hyuga, dan JDS Ise. Kemudian kelas Izumo yang terdiri dari dua kapal pula, JS Izumo dan JS Kaga. Kapal – kapal dari kelas Hyuga memiliki bobot benaman 19.000 ton. Sementara kapal – kapal dari kelas Izumo memiliki bobot benaman 27.000 ton.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

4 COMMENTS

  1. @Anggi
    Bukan LHA, tapi BPK Rusia. “L” tidak cocok karena ini kapal didesain buat laut lepas, bukan dekat pantai. Peran kapal ini lebih mirip Invincible-class Royal Navy daripada HMS Ocean. Paling tidak dari desain awal. Jadi kalau mau disebut kapal induk juga tidak apa-apa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

KRI Spica 934

Kapal Survey Hidrografi TNI AL, KRI Spica 934

0
HobbyMiliter.com - Setelah datangnya kapal survey hidrografi canggih dari Perancis KRI Rigel 933, kini TNI AL juga tengah menanti datangnya kapal survey hidrografi KRI Spica...

Recent Comments