Friday, October 16, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Jepang Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan

Jepang Kirimkan Kapal Angkut Helikopter Ke Laut China Selatan – HobbyMiliter.com – Dalam rangka memperkuat hubungan diplomasi dengan negara – negara kawasan Asia-Pasifik, Pasukan Bela Diri Maritim Jepang atau Japan Maritime Self Defense Force (JMSDF) akan mengirimkan satu unit kapal pengangkut helikopter yang dimilikinya untuk melaksanakan misi pelayaran di wilayah Laut China Selatan serta Samudera Hindia.

Pengiriman kapal angkut helikopter ini sekaligus merupakan wujud langkah nyata negara Matahari Terbit tersebut untuk memperkuat kehadiran militernya di wilayah Laut China Selatan yang saat ini sedang disengketakan oleh beberapa negara.

BACA JUGA :  Kesal Tidak Diizinkan Keluar Kota, Warga Mosul Berontak Terhadap ISIS

Adapun kapal perang yang ditugaskan dalam misi kali ini yakni Japanese Ship atau JS Kaga, satu dari dua unit kapal perang jenis Helicopter Destroyer kelas Izumo. Rencananya, penugasan tersebut akan dilaksanakan pada bulan September yang akan datang. Dalam perjalanannya, JS Kaga (DDH-184) akan singgah sejenak di beberapa negara anggota ASEAN seperti Indonesia dan Filipina serta kemudian berlabuh di India dan Sri Lanka.

Disamping itu, ia juga akan mengunjungi Singapura dan merapat ke Changi Naval Base menjelang waktu pelaksanaan Pertemuan Menteri Pertahanan Asean atau ASEAN Defence Ministers’ Meeting atau ADMM ke-12 serta ADMM Plus ke-5 yang akan diselenggarakan pada tanggal 18 sampai 20 Oktober 2018 nanti.

BACA JUGA :  Kurdistan Irak Serukan Referendum Pembentukan Negara Sendiri

JS Kaga dengan nomor lambung 184 merupakan kapal kedua dari kapal angkut helikopter kelas Izumo yang dimiliki oleh Pasukan Bela Diri Maritime Jepang atau JMSDF. Sebelumnya, pada tahun 2017 yang lalu Jepang telah mengirimkan kapal perang jenis pengangkut helikopter dari kelas yang sama, yakni JS Izumo dengan nomor lambung 183, juga ke Laut China Selatan.

Dalam nomenklatur Jepang, kapal induk pengangkut helikopter disebut sebagai Helicopter Destroyer, dengan kode prefix DDH diikuti nomor lambung masing – masing kapal. Jepang tercatat memiliki empat unit kapal yang dibagi kedalam dua kelas yang berbeda.

BACA JUGA :  Indonesia Ingin Boyong Kapal Selam 636 Project Buatan Rusia

Dua kelas tersebut yakni kelas Hyuga, dengan dua kapal yakni JDS Hyuga, dan JDS Ise. Kemudian kelas Izumo yang terdiri dari dua kapal pula, JS Izumo dan JS Kaga. Kapal – kapal dari kelas Hyuga memiliki bobot benaman 19.000 ton. Sementara kapal – kapal dari kelas Izumo memiliki bobot benaman 27.000 ton.

4 COMMENTS

  1. @Anggi
    Bukan LHA, tapi BPK Rusia. “L” tidak cocok karena ini kapal didesain buat laut lepas, bukan dekat pantai. Peran kapal ini lebih mirip Invincible-class Royal Navy daripada HMS Ocean. Paling tidak dari desain awal. Jadi kalau mau disebut kapal induk juga tidak apa-apa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Ngeteng, Cara Angkatan Udara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF

Beli Ngeteng, Cara Singapura Memperbanyak F-16 RSAF - HobbyMiliter.com. Dalam diskusi diskusi di forum forum militer online maupun di grup grup militer di Facebook,...

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia

Begini Cara Kerja Over The Horizon Radar (OTHR) Jindalee Australia - HobbyMiliter.com - Meski telah jutaan tahun membalut Bumi, belum seluruh bagian atmosfer bisa...

Foto – Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an

Foto - Foto Dokumentasi Pendudukan Tentara Soviet di Perang Afghanistan Era 80-an - HobbyMiliter.com. Perang Soviet di Afghanistan berlangsung selama lebih dari sembilan tahun....

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet

Foto Foto Langka KRI Irian, Kapal Perang Indonesia Asal Soviet - HobbyMiliter.com. Pada saat persiapan operasi Trikora dalam rangka perebutan Irian Barat (sekarang Provinsi...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua