Tuesday, March 19, 2024
HomeAlutsistaKapal PerangArsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Arsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Arsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet – HobbyMiliter. Pada jaman tinggi tingginya tensi perang dingin, baik Uni Soviet dan Amerika sama sama getol mengirimkan segala sesuatu ke luar angkasa.

Soviet menjadi pionir dengan menjadi negara yang pertama meluncurkan satelit ke luar angkasa, Sputnik namanya. Setelah beberapa bencana peluncuran, dan kembali didahului oleh Sputnik II, Amerika akhirnya berhasil meluncurkan satelit pertamanya, Explorer I. Dan dibukalah medan perang baru baru di perang dingin: Luar Angkasa.

Soviet kembali menjadi “pemenang” ketika Yuri Gagarin menjadi orang yang pertama yang melakukan perjalanan ke Luar Angkasa. Amerika pun meradang, dan membuat program Apollo untuk mengalahkan Soviet. Bolak balik kalah pamor itu menggerogoti ego Amerika. Hal itu juga diteruskan hingga pengembangan pesawat ulang alik, dimana kali ini Amerika juga menjadi pemenang. Pesawat ulang alik Soviet, Buran, tidak pernah terbang kembali sejak terbang perdana tanpa penumpang. Programnya kolaps dan ditutup. Tidak lama, negaranya kolaps dan dibubarkan.

BACA JUGA :  Resmi, PT. PAL Luncurkan KRI I Gusti Ngurah Rai 332, BRP Davao Del Sur 602
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II.
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II. Kapal Pengendali Satelit Soviet dinamai dengan namanya sebagai pernghormatan atas jasa Yuri Gagarin

Dalam mencapai tujuannya, Amerika mendirikan beberapa stasiun bumi di beberapa negara negara sekutunya: Inggris, Australia dan Spanyol. Semuanya bertujuan agar setiap satelit, pesawat luar angkasa dan roket roket miliknya dapat tetap dalam liputan jalur komunikasi dan telemetrinya walaupun sedang mengorbit dibalik benua amerika.

Namun, bagi Soviet, hal ini menjadi masalah. Soviet tidak punya cukup banyak sekutu yang bisa dimintai tolong untuk ditempati fasilitas penjejak dan komunikasi seperti Deep Space Networknya NASA, Badan Luar Angkasa-nya Amerika. Satu satunya negara yang waktu itu bersedia hanyalah Kuba (itupun saat ini sudah dibongkar dan menjadi kampus negeri).

Maka untuk mengatasi hal itu, Soviet membangun beberapa kapal yang berfungsi sebagai stasiun bumi. Kapal kapal ini berukuran besar besar. Biasanya dilengkapi dengan piringan piringan satelit besar diatasnya. Yang paling besar dan paling canggih diantara kapal kapal ini adalah Kosmonavt Yuriy Gagarin. Berikut foto fotonya.

BACA JUGA :  Bunuh Pasukan Pemerintah Suriah, AS: “Serangan Kami Tidak Disengaja”
Foto intai yang diambil oleh pesawat US Navy
Foto intai yang diambil oleh pesawat US Navy

Kapal Kosmonavt Yuriy Gagarin adalah kapal yang berjulukan Space Control & Monitoring Ship, kapal yang bertugas untuk mendeteksi, menerima dan mengirim data dan komunikasi ke satelit atau pesawat luar angkasa. Kapal ini dinamai berdasarkan nama Pahlawan Soviet, Penerima Bintang Republik Indonesia kelas dua (Adipradana), Orang pertama yang dikirim ke luar angkasa: Yuri Gagarin.

Fase pembangunan Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Fase pembangunan Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Bentuknya sangat khas. Di atas kapal berdiri 75 antena satelit. Yang paling gampang dikenali, 2 antena satelit raksasa dan 2 antena satelit yang lebih kecil diatas 2 tower. Kapal pengendali satelit Soviet ini dibangun di Leningrad pada tahun 1971. Panjangnya 231 meter dan lebar mencapai 32 meter. Diawaki oleh 136 pelaut dan masih bisa membawa 220 hingga 250 spesialist yang mengoperasikan berbagai instrumen di dalamnya.

BACA JUGA :  Mengenal Littoral Response Group, Grup Siap Tempur Amfibi AL Inggris
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Soviet memiliki cukup banyak armada kapal seperti ini dalam berbagai ukuran. Sebagai negara yang tidak punya cukup banyak pangkalan militer di luar negeri, kepemilikan kapal pengendali satelit Soviet ini memiliki keunggulan dibanding dengan stasiun bumi tetap seperti yang dimiliki Amerika.

Kapal kapal ini dengan mudah digerakkan kemana saja selama bahan bakar mencukupi. Sehingga wilayah cakupannya pun juga mencapai seluruh bumi. Ketika satelit berada diatas Soviet, pengendaliannya diserahkan pada stasiun bumi. Sedangkan begitu keluar dari Soviet, pengendaliannya diserahkan kepada kapal kapal pengendali satelit Soviet ini.

Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Kapal kapal ini ketika masih beroperasi, diorganisasi menjadi 1 armada. Armada Luar Angkasa namanya. Selain tugas tugas sipil, kapal kapal ini juga dibebani tugas untuk memonitor langit untuk memberikan early warning bagi sistem anti rudal balistik Soviet.

Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet diabadikan dalam perangko Kuba
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet diabadikan dalam perangko Kuba
Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Australia Namai Desain Kapal Patroli Baru Dengan Nama Arafura Class

Australia Namai Desain Kapal Patroli Baru Dengan Nama Arafura Class

0
Australia Namai Desain Kapal Patroli Baru Dengan Nama Arafura Class - HobbyMiliter.com - Pemerintah Australia dikabarkan memberi nama bagi konsep desain kapal patroli baru...

Recent Comments