Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Arsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet – HobbyMiliter. Pada jaman tinggi tingginya tensi perang dingin, baik Uni Soviet dan Amerika sama sama getol mengirimkan segala sesuatu ke luar angkasa. Soviet menjadi pionir dengan menjadi negara yang pertama meluncurkan satelit ke luar angkasa, Sputnik namanya. Setelah beberapa bencana peluncuran, dan kembali didahului oleh Sputnik II, Amerika akhirnya berhasil meluncurkan satelit pertamanya, Explorer I. Dan dibukalah medan perang baru baru di perang dingin: Luar Angkasa.

Baca juga :   Duta Besar PBB AS dan Inggris Ingin Keluarkan Rusia Dari Dewan Keamanan PBB

Soviet kembali menjadi “pemenang” ketika Yuri Gagarin menjadi orang yang pertama yang melakukan perjalanan ke Luar Angkasa. Amerika pun meradang, dan membuat program Apollo untuk mengalahkan Soviet. Bolak balik kalah pamor itu menggerogoti ego Amerika. Hal itu juga diteruskan hingga pengembangan pesawat ulang alik, dimana kali ini Amerika juga menjadi pemenang. Pesawat ulang alik Soviet, Buran, tidak pernah terbang kembali sejak terbang perdana tanpa penumpang. Programnya kolaps dan ditutup. Tidak lama, negaranya kolaps dan dibubarkan.

Baca juga :   Bangkitkan Warisan Soviet, Rusia Bangun Ulang Pangkalan Maritim di Suriah
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II.
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II. Kapal Pengendali Satelit Soviet dinamai dengan namanya sebagai pernghormatan atas jasa Yuri Gagarin

Dalam mencapai tujuannya, Amerika mendirikan beberapa stasiun bumi di beberapa negara negara sekutunya: Inggris, Australia dan Spanyol. Semuanya bertujuan agar setiap satelit, pesawat luar angkasa dan roket roket miliknya dapat tetap dalam liputan jalur komunikasi dan telemetrinya walaupun sedang mengorbit dibalik benua amerika.

Namun, bagi Soviet, hal ini menjadi masalah. Soviet tidak punya cukup banyak sekutu yang bisa dimintai tolong untuk ditempati fasilitas penjejak dan komunikasi seperti Deep Space Networknya NASA, Badan Luar Angkasa-nya Amerika. Satu satunya negara yang waktu itu bersedia hanyalah Kuba (itupun saat ini sudah dibongkar dan menjadi kampus negeri).

Baca juga :   [FOTO] Pengawalan Royal Navy Inggris Terhadap Armada Kapal Satgas Rusia

Maka untuk mengatasi hal itu, Soviet membangun beberapa kapal yang berfungsi sebagai stasiun bumi. Kapal kapal ini berukuran besar besar. Biasanya dilengkapi dengan piringan piringan satelit besar diatasnya. Yang paling besar dan paling canggih diantara kapal kapal ini adalah Kosmonavt Yuriy Gagarin. Berikut foto fotonya. (Klik dibawah untuk lanjut ke halaman berikut).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here