Wednesday, June 29, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangArsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Arsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Arsip Foto Foto Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet – HobbyMiliter. Pada jaman tinggi tingginya tensi perang dingin, baik Uni Soviet dan Amerika sama sama getol mengirimkan segala sesuatu ke luar angkasa.

Soviet menjadi pionir dengan menjadi negara yang pertama meluncurkan satelit ke luar angkasa, Sputnik namanya. Setelah beberapa bencana peluncuran, dan kembali didahului oleh Sputnik II, Amerika akhirnya berhasil meluncurkan satelit pertamanya, Explorer I. Dan dibukalah medan perang baru baru di perang dingin: Luar Angkasa.

Soviet kembali menjadi “pemenang” ketika Yuri Gagarin menjadi orang yang pertama yang melakukan perjalanan ke Luar Angkasa. Amerika pun meradang, dan membuat program Apollo untuk mengalahkan Soviet. Bolak balik kalah pamor itu menggerogoti ego Amerika. Hal itu juga diteruskan hingga pengembangan pesawat ulang alik, dimana kali ini Amerika juga menjadi pemenang. Pesawat ulang alik Soviet, Buran, tidak pernah terbang kembali sejak terbang perdana tanpa penumpang. Programnya kolaps dan ditutup. Tidak lama, negaranya kolaps dan dibubarkan.

BACA JUGA :  Rusia Terkejut Dengan Kehadiran Pasukan AS di Perbatasan Norwegia dan Negaranya
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II.
Foto resmi Yuri Gagarin. Tampak menggunakan Bintang Republik Indonesia kelas II. Kapal Pengendali Satelit Soviet dinamai dengan namanya sebagai pernghormatan atas jasa Yuri Gagarin

Dalam mencapai tujuannya, Amerika mendirikan beberapa stasiun bumi di beberapa negara negara sekutunya: Inggris, Australia dan Spanyol. Semuanya bertujuan agar setiap satelit, pesawat luar angkasa dan roket roket miliknya dapat tetap dalam liputan jalur komunikasi dan telemetrinya walaupun sedang mengorbit dibalik benua amerika.

Namun, bagi Soviet, hal ini menjadi masalah. Soviet tidak punya cukup banyak sekutu yang bisa dimintai tolong untuk ditempati fasilitas penjejak dan komunikasi seperti Deep Space Networknya NASA, Badan Luar Angkasa-nya Amerika. Satu satunya negara yang waktu itu bersedia hanyalah Kuba (itupun saat ini sudah dibongkar dan menjadi kampus negeri).

BACA JUGA :  KAPA K-61, Rantis Amfibi Legendaris Milik Korps Marinir.

Maka untuk mengatasi hal itu, Soviet membangun beberapa kapal yang berfungsi sebagai stasiun bumi. Kapal kapal ini berukuran besar besar. Biasanya dilengkapi dengan piringan piringan satelit besar diatasnya. Yang paling besar dan paling canggih diantara kapal kapal ini adalah Kosmonavt Yuriy Gagarin. Berikut foto fotonya.

Foto intai yang diambil oleh pesawat US Navy
Foto intai yang diambil oleh pesawat US Navy

Kapal Kosmonavt Yuriy Gagarin adalah kapal yang berjulukan Space Control & Monitoring Ship, kapal yang bertugas untuk mendeteksi, menerima dan mengirim data dan komunikasi ke satelit atau pesawat luar angkasa. Kapal ini dinamai berdasarkan nama Pahlawan Soviet, Penerima Bintang Republik Indonesia kelas dua (Adipradana), Orang pertama yang dikirim ke luar angkasa: Yuri Gagarin.

BACA JUGA :  Perancis Tampilkan Model Desain Frgate Multi-peran FTI Di Euronaval 2016
Fase pembangunan Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Fase pembangunan Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Bentuknya sangat khas. Di atas kapal berdiri 75 antena satelit. Yang paling gampang dikenali, 2 antena satelit raksasa dan 2 antena satelit yang lebih kecil diatas 2 tower. Kapal pengendali satelit Soviet ini dibangun di Leningrad pada tahun 1971. Panjangnya 231 meter dan lebar mencapai 32 meter. Diawaki oleh 136 pelaut dan masih bisa membawa 220 hingga 250 spesialist yang mengoperasikan berbagai instrumen di dalamnya.

Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet
Kapal Pengendali Satelit Milik Soviet

Soviet memiliki cukup banyak armada kapal seperti ini dalam berbagai ukuran. Sebagai negara yang tidak punya cukup banyak pangkalan militer di luar negeri, kepemilikan kapal pengendali satelit Soviet ini memiliki keunggulan dibanding dengan stasiun bumi tetap seperti yang dimiliki Amerika.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

75-tiongkok-dan-rusia-buka-latihan-al-bersama-di-laut-cina-selatan

Tiongkok dan Rusia Resmi Buka Latihan AL Gabungan Di Laut Cina...

0
Hobbymiliter.com - Latihan angkatan laut gabungan antara Tiongkok dan Rusia untuk tahun 2016 resmi dibuka. Wakil Komandan Angkatan Laut Pasukan Pembebasan Rakyat (PLAN), Laksamana...

Recent Comments