Friday, January 15, 2021
Home Berita Militer Berita Militer Dunia Dua Kapal Frigate Type 054A Pesanan Pakistan mulai dikerjakan China

Dua Kapal Frigate Type 054A Pesanan Pakistan mulai dikerjakan China

Dua Kapal Frigate Type 054A Pesanan Pakistan mulai dikerjakan China – HobbyMiliter.com – China dikabarkan telah memulai pekerjaan untuk unit kapal kedua jenis frigate Type 054A Jiangkai-II pesanan pemerintah Pakistan. Pengerjaan ini ditandai dengan pemotongan besi baja pertama atau prosesi first steel cutting.

Prosesi first steel cutting ini dilaksanakan pada tanggal 19 Desember 2018 lalu. Kapal kedua pesanan Angkatan Laut Pakistan atau Pakistan Navy (PN) tersebut dikerjakan di galangan kapal Hudong-Zhonghua yang berada di wilayah Shanghai, China.

Pengerjaan dua unit kapal perang jenis frigate tersebut dilakukan sebagai hasil dari kontrak pengadaan dua unit kapal frigate bagi AL Pakistan. Kontrak tersebut ditandatangani pada tahun 2017. Kabarnya, pihak Pakistan kembali memesan sebanyak dua unit kapal Frigate 054A tersebut pada kontrak lanjutan yang ditandatangani pada bulan Juni tahun 2018 lalu. Sebanyak empat unit kapal perang jenis frigatetersebut akan diserahkan kepada pihak Pakistan secara bertahap hingga kapal terakhir diserahkan pada tahun 2021 mendatang.

BACA JUGA :  TD Malabar, Kapal Tunda Produksi Dalam Negeri Siap Diluncurkan

Type 054A Jiangkai-II merupakan kapal perang kombatan jenis frigate yang diproduksi oleh China untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya dan juga dipasarkan ke luar negeri (ekspor) termasuk Pakistan. Di Angkatan Laut Pembebasan Rakyat China (PLAN) sendiri, sebanyak 30 unit kapal perang dari jenis frigate tersebut telah dioperasikan atau dalam masa konstruksi.

Kapal perang jenis frigate produksi galangan kapal dalam negeri China tersebut merupakan tipe kapal perang frigate multi-peran yang dapat melaksanakan misi pertempuran melawan sasaran yang berada di udara, permukaan air, serta bawah air.

BACA JUGA :  Video Kapal SKIPI Berlayar ke Natuna

Kapal perang Type 054A Jiangkai-II ini dipersenjatai dengan sebuah meriam utama kaliber 76 milimeter H/PJ-26, dua buah sistem Close In Weapon System (CIWS) Type-730 atau Type-1130, enam unit tabung peluncur torpedo Yu-7, 32 unit tabung peluncur rudal vertikal atau Vertical Launch System (VLS) yang isinya rudal anti serangan udara HQ-16 dan roket anti kapal selam (Anti Submarine Rocket) Yu-8, 12 unit tabung peluncur roket anti kapal selam (Anti SUbmarine Rocket) Type-87 kaliber 240 milimeter, serta 8 unit rudal anti kapal C-803.

BACA JUGA :  Kapal ADRI XLVI TNI-AD

Dilengkapi dengan hangar untuk menampung unit helikopter, kapal perang jenis frigate ini mampu untuk membawa satu unit helikopter anti kapal selam (AKS) Harbin Z-9C atau Kamov Ka28 Helix.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Rudal Tomahawk Generasi Kelima, Apa Istimewanya?

HobbyMiliter.com - Pada tanggal 30 November 2020, Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy,red) dikabarkan telah berhasil melaksanakan ujicoba peluncuran rudal jelajah Tomahawk varian terbaru...

Purwarupa MPF Medium Tank AS Masuki Tahap Ujicoba Pasukan

HobbyMiliter.com – Purwarupa kendaraan tempur medium tank MPF atau Mobile Protected Firepower dari dua pabrikan kendaraan tempur yang sedang bersaing untuk memenangkan kontrak pengadaan...

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua