Monday, November 23, 2020
Home Berita Militer Dunia Militer Israel Di Hari Natal, Serangan Pesawat Tempur Israel ke Suriah Terjadi Lagi

Di Hari Natal, Serangan Pesawat Tempur Israel ke Suriah Terjadi Lagi

Di Hari Natal, Serangan Pesawat Tempur Israel ke Suriah Terjadi Lagi – HobbyMiliter.com. Kantor berita Suriah SANA melaporkan bahwa telah terjadi serangan udara Israel diatas ibukota Damaskus, Suriah. Dilaporkan bahwa sistem pertahanan udara Suriah diaktifkan dan mencegat beberapa rudal yang ditengarai diluncurkan oleh Israel.

Nampaknya, walaupun Rusia sudah mengirimkan rudal pertahanan udara S-300 dan melatih militer Suriah menggunakannya, Israel belum kapok melakukan serangan udara ke Suriah.

Dicurigai, rudal rudal tersebut diluncurkan Israel dari ruang udara Lebanon, yang ruang udaranya memang sering diterabas oleh Israel. Lebanon sendiri sampai saat ini tidak memiliki asset yang bisa menjaga dan mempertahankan ruang udaranya.

Serangan udara ini terjadi dalam beberapa gelombang, dan dilaporkan berlangsung secara terus menerus selama satu setengah jam lamanya. Dampak dan kerugian belum bisa dipastikan, namun diperkirakan kecil mengingat sebagian rudal yang diluncurkan dalam serangan Israel ini berhasil ditembak jatuh oleh sistem pertahanan udara Suriah.

BACA JUGA :  Pasukan Suriah Hancurkan Konvoi Mobil Tanker Minyak ISIS

Menurut laporan kantor berita SANA, mengutip laporan awal militer Suriah, sebuah depot amunisi hancur dalam serangan ini dan 3 orang tentara dilaporkan terluka.

Dalam video yang diedarkan oleh kantor berita SANA, tampak rudal rudal pertahanan udara Suriah diluncurkan untuk menghadang gelombang rudal jelajah milik Israel yang mengincar target target militer. Media media regional menduga bahwa target serangan adalah depot amunisi yang dimanfaatkan oleh Iran.

Menurut kantor berita Lebanon, salah satu pesawat tempur Israel yang ditengarai terlibat dalam serangan ini terlihat terbang rendah di kawasan Lebanon sebelumnya.

BACA JUGA :  Suriah Resmi Gencatan Senjata, Front Al-Nusra Menolak

Israel dikenal sering memanfaatkan ruang udara Lebanon dalam melancarkan setiap serangan Israel ke Suriah untuk menghindari deteksi dan pencegatan. Israel sendiri, seperti biasanya, tidak membenarkan maupun menyangkal berita mengenai keterlibatannya dalam serangan Israel ke Suriah tersebut.

Segera setelah serangan terjadi, militer Israel mengeluarkan pernyataan bahwa sistem pertahanan udaranya telah diaktifkan menyusul masuknya sebuah rudal anti pesawat asal Suriah ke ruang udara Israel.

Disinyalir, rudal ini adalah rudal yang diluncurkan militer Suriah dan mengejar target yang datang dari Israel. Rudal yang masuk tersebut dapat dihancurkan dan tidak ada kerugian maupun korban jiwa sebagai akibatnya. Namun detail keterangan lainnya tidak tersedia.

Menurut sumber sumber Russian Today, dalam serangan yang dilakukan pada hari Natal ini, sekitar 22 rudal telah diluncurkan Israel dari Lebanon ke Damaskus.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis

SMX-31, kapal selam masa depan Prancis- Hobbymiliter.com. SMX-31 adalah suatu konsep kapal selam masa depan dari negeri Baguette. Konsep ini adalah unik karena memperkenalkan...

STRIL, Sistem koordinasi & datalink AU Swedia

Sejarah STRIL, Sistem Koordinasi & datalink AU Swedia- Hobbymiliter.com.  Bahwa Swedia terkenal sebagai salah satu negara di semenanjung Skandinavia yang bersifat independen atau dalam...

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?- Hobbymiliter.com. Bidang Pertahanan udara dewasa ini memiliki sebuah pertanyaan,  utamanya setelah perang Suriah, Libya, serangan drone AS di...

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua