Maket LPD 150 meter, acuan desain MRSS
Maket LPD 150 Meter, yang desain nya akan digunakan untuk mendesain kapal Multi Role Support Ship atau MRSS pesanan TLDM.Sumber : janes.com

HobbyMiliter.com – Perusahaan galangan kapal dalam negeri Indonesia, PT. PAL Indonesia (Persero) telah menandatangani kontrak MoU dengan perusahaan galangan kapal Boustead Naval Shipyard (BNS) untuk membangun kapal Multi-Role Support Ship atau MRSS pertama untuk Angkatan Laut Malaysia atau Tentera Laut Diraja Malaysia (TLDM). Konstruksi kapal MRSS ini akan dilaksanakan di Indonesia.

MoU tersebut ditandatangani pada tanggal 2 November 2016 lalu pada acara pameran produk industri pertahanan Indo Defence 2016 yang diadakan di Jakarta. MoU ini akan menjadi proyek pertama bagi PT. PAL Indonesia (Persero) untuk membangun kapal perang bagi Tentera Laut Diraja Malaysia atau TLDM.

Baca juga :   Rusia dan AS Saling Tuduh Soal Senjata Prompt Global Strike (PGS) Yang Mematikan

Desain yang digunakan sebagai platform untuk proyek MRSS AL Malaysia ini diambil dari desain kapal Landing Platform Dock atau LPD. Dengan panjang 150 meter, lebar 24 meter, dan draught 6 meter. Kapal LPD ini didesain untuk dapat berlayar dengan kecepatan maksimal 18 knot, kecepatan jelajah 15 knot, serta kemampuan operasional di laut selama 30 hari.

Kapal ini nantinya dapat dipersenjatai meriam utama kaliber 76 milimeter, serta beberapa unit senapan mesin kaliber 12,7 milimeter yang ditempatkan dalam beberapa posisi. Salah satu permintaan Tentera Laut Diraja Malaysia atau TLDM adalah kapal MRSS tersebut harus dapat menampung 2 helikopter diatas helipad, serta menampung 2 unit helikopter lagi di dalam hangar internal kapal. Menurut pihak PT. PAL Indonesia (Persero), permintaan ini dapat mengubah panjang total kapal hingga menjadi 163 meter nantinya jika dibuat.

Jangan lupa isi form komentar di bawah
ARTIKEL MENARIK LAINNYA UNTUK ANDA

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here