Hanjin Heavy Industries Luncurkan Empat Kapal Cepat PKMR Untuk AL Korsel

0
3097
Hanjin Heavy Industries Luncurkan Empat Kapal Cepat PKMR Untuk AL Korsel. Empat Kapal Cepat PKMR Untuk AL Korsel Saat Diluncurkan Di Busan, Korea Selatan. Sumber : Jane's

HobbyMiliter.com – Hanjin Heavy Industries Luncurkan Empat Kapal Cepat PKMR Untuk AL Korsel. Perusahaan galangan kapal asal Korea Selatan, Hanjin Heavy Industries and Construction (HHIC) dikabarkan telah sukses meluncurkan empat kapal perang jenis kapal cepat kelas Patrol-boat Killer Medium Rocket (PKMR) pesanan Angkatan Laut Korea Selatan atau ROKN. Sebanyak empat unit kapal perang jenis kapal cepat tersebut telah diluncurkan pada sebuah seremoni yang digelar di fasilitas produksi galangan kapal Hanjin Heavy Industries and Construction pada tanggal 13 Desember 2019. Keempat kapal perang jenis kapal cepat tersebut diluncurkan di fasilitas galangan kapal HHIC yang berada di kota Busan, Korea Selatan.

Sebanyak empat unit kapal perang jenis kapal cepat PKMR tersebut diberi nomor lambung urut dari mulai nomor lambung 216, 217, 218 dan 219. Keempat kapal ini rencananya akan secara resmi diserah terima kan dan masuk layanan dinas resmi Angkatan Laut Korea Selatan atau ROKN pada akhir tahun 2020. Keempat kapal tersebut merupakan hasil dari kontrak yang telah diberikan oleh pemerintah Korea Selatan kepada Hanjin Heavy Industries and Construction (HHIC) pada bulan Juni tahun 2017 silam. Selain berhasil meluncurkan keempat kapal tersebut, HHIC berencana untuk melakukan serah terima dengan Angkatan Laut Korea Selatan atau ROKN untuk unit kapal ke tiga dan ke empat yang masing – masing memiliki nomor lambung 213 dan 215, sebelum akhir tahun 2019 ini.

Rencananya, sebanyak 12 unit hingga 16 unit kapal cepat PKMR tersebut akan dibangun oleh galangan kapal HHIC. Nantinya, kapal – kapal dari kelas PKMR ini akan menggantikan kapal perang jenis kapal patroli yakni dari kelas Chamsuri. Beberapa kalangan bahkan menamai PKMR sebagai kapal cepat kelas Chamsuri II. Kapal cepat tersebut dipersenjatai dengan beberapa jenis senjata yakni 12 tabung peluncur roket berpandu / guided rocket kaliber 130 milimeter, meriam utama kaliber 76 milimeter, dua unit sistem senjata kendali remote atau Remote Controlled Weapon System kaliber 12,7 milimeter. Munisi roket berpandu kaliber 130 milimeter yang dibawa oleh kapal ini dapat menjangkau sasaran hingga 20 kilometer jauhnya. Tiap munisi roket berpandu yang dapat ditembakkan dari kapal ini memiliki berat kurang lebih 80 kilogram dengan 8 kilogram diantaranya adalah hulu ledak atau warhead nya. Selain sederet sistem senjata tersebut, kapal ini juga dilengkapi dengan sistem manajemen tempur buatan dalam negeri Korea Selatan (produk dari LIG Nex1,red) yang memungkinkan kapal ini untuk melakukan penembakan terhadap tiga target secara simultan.

Nantinya, keseluruhan unit kapal cepat PKMR akan ditugaskan sebagai unit – unit Coastal Defense atau unit pertahanan pantai guna menghadang gerak maju unsur – unsur pasukan invasi / pasukan pendarat lawan (dalam hal ini dari arah Korea Utara).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here