Friday, May 27, 2022
HomeAlutsistaKapal PerangSeri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura – HobbyMiliter.com – Berbicara tentang militer Singapura, tentu kita tidak akan melupakan elemen matra lautnya, yakni Republic of Singapore Navy atau biasa disingkat RSN, yang merupakan salah satu angkatan laut terkuat di kawasan Asia Tenggara. RSN merupakan salah satu contoh dari apa yang kita sebut sebagai “Angkatan Laut yang dipersenjatai dengan baik dan sesuai kebutuhan”.

Dalam perkembangannya, RSN juga memiliki dan mengoperasikan kapal perang kombatan permukaan dari jenis Frigate yang merupakan derivatif atau varian dari kelas La Fayette yang dibuat oleh Perancis. Oleh Singapura, kapal – kapal ini kemudian digolongkan kedalam kelas Formidable.

Nah, kali ini, tim HobbyMiliter.com akan mencoba menghadirkan kepada anda sekalian, pembaca yang budiman, tentang kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini. Artikel ini sekaligus akan menjadi pembuka dari artikel ber-seri tentang kapal perang utama di ASEAN. Nah, selamat menikmati artikel dari kami, untuk menemani waktu santai anda.

BACA JUGA :  Tiongkok dan Rusia Akhiri Latihan Laut Gabungan Dengan Simulasi Penyergapan Pulau
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. RSS Formidable (68) Saat Dalam Proses Pembuatan.
Sumber : navaltechnology

Sejarah Singkat Fregat Formidable

Kisah tentang kapal perang jenis Frigate kelas Formidable milik Angkatan Laut Singapura ini dimulai pada tahun 1990-an. Bermula dari niatan pemerintah Singapura untuk mencari kapal pengganti bagi kapal perang jenis Missile Gunboat (MGB) kelas Seawolf yang telah berdinas sejak tahun 1972, maka dilaksanakanlah tender untuk mencari dan menentukan Frigate mana yang akan menggantikan kapal perang dari jenis Missile Gunboat (MGB) tersebut. Sebanyak tiga negara mengikuti proses tender yang diadakan oleh pemerintah Singapura pada waktu itu. Tiga negara tersebut yakni Amerika Serikat, Perancis dan Swedia.

BACA JUGA :  Foto Latihan VBSS

Pada bulan Maret tahun 2000 akhirnya pemerintah Singapura resmi memberikan kontrak kepada galangan kapal DCNS Perancis untuk konstruksi sebanyak enam unit kapal perang jenis Frigate kelas Formidable. Direncanakan pembangunan keenam kapal perang tersebut selesai pada tahun 2006 hingga tahun 2008. Dalam perjanjian kontrak antara pemerintah Singapura dengan DCNS, pihak Singapura meminta DCNS untuk melakukan proses transfer teknologi dimana kapal pertama akan dibuat di galangan kapal DCNS di Lorient, Perancis. Sementara sebanyak lima unit kapal perang lainnya akan dibuat di galangan kapal Benoi yang merupakan galangan milik Singapore Technologies Marine atau ST Marine di Singapura.

BACA JUGA :  Asas, Sifat, Landasan Serta Konsep Ketahanan Nasional

Secara bertahap, kapal – kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini mulai memperkuat Angkatan Laut Singapura pada tahun 2007 hingga 2009. Kapal perang jenis Frigate tersebut hingga kini menjadi salah satu kapal tempur utama tercanggih di kawasan ASEAN.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. RSS Intrepid Bermanuver Dalam CARAT 2009. Perhatikan Bagian Samping Yang Terbuka Dan Menampilkan Perahu Kecil (Kemungkinan RHIB), Bagian Tersebut Dapat Ditutup Untuk Meningkatkan Kemampuan Siluman / Stealth Dari Kapal Ini.
Sumber : defpost

Formidable, Si Frigate Siluman Singapura

Kapal perang utama milik Angkatan Laut Singapura ini merupakan kapal perang yang istimewa. Pasalnya, kapal perang kelas Formidable ini memiliki fitur – fitur yang memungkinkannya untuk melakukan manuver atau bertempur secara siluman. Siluman disini maksudnya yakni bahwa desain kapal dibuat sedemikian rupa hingga kapal memiliki area pantulan yang minimal saat terkena gelombang radar yang dipancarkan oleh sistem deteksi dari kapal perang lawan.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Turkish anti riot police officers launch

Terus Kritik Erdogan, Harian Zaman Di Turki Diambilalih Paksa Pemerintah

0
Hobbymiliter.com - Jumat malam waktu setempat, kepolisian Turki akhirnya memaksa masuk ke bangunan milik harian Zaman di Istanbul, dengan menembakkan gas air mata ke...

Recent Comments