Friday, October 30, 2020
Home Alutsista Kapal Perang Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura – HobbyMiliter.com – Berbicara tentang militer Singapura, tentu kita tidak akan melupakan elemen matra lautnya, yakni Republic of Singapore Navy atau biasa disingkat RSN, yang merupakan salah satu angkatan laut terkuat di kawasan Asia Tenggara. RSN merupakan salah satu contoh dari apa yang kita sebut sebagai “Angkatan Laut yang dipersenjatai dengan baik dan sesuai kebutuhan”.

Dalam perkembangannya, RSN juga memiliki dan mengoperasikan kapal perang kombatan permukaan dari jenis Frigate yang merupakan derivatif atau varian dari kelas La Fayette yang dibuat oleh Perancis. Oleh Singapura, kapal – kapal ini kemudian digolongkan kedalam kelas Formidable.

Nah, kali ini, tim HobbyMiliter.com akan mencoba menghadirkan kepada anda sekalian, pembaca yang budiman, tentang kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini. Artikel ini sekaligus akan menjadi pembuka dari artikel ber-seri tentang kapal perang utama di ASEAN. Nah, selamat menikmati artikel dari kami, untuk menemani waktu santai anda.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. RSS Formidable (68) Saat Dalam Proses Pembuatan.
Sumber : navaltechnology

Sejarah Singkat Fregat Formidable

Kisah tentang kapal perang jenis Frigate kelas Formidable milik Angkatan Laut Singapura ini dimulai pada tahun 1990-an. Bermula dari niatan pemerintah Singapura untuk mencari kapal pengganti bagi kapal perang jenis Missile Gunboat (MGB) kelas Seawolf yang telah berdinas sejak tahun 1972, maka dilaksanakanlah tender untuk mencari dan menentukan Frigate mana yang akan menggantikan kapal perang dari jenis Missile Gunboat (MGB) tersebut. Sebanyak tiga negara mengikuti proses tender yang diadakan oleh pemerintah Singapura pada waktu itu. Tiga negara tersebut yakni Amerika Serikat, Perancis dan Swedia.

Pada bulan Maret tahun 2000 akhirnya pemerintah Singapura resmi memberikan kontrak kepada galangan kapal DCNS Perancis untuk konstruksi sebanyak enam unit kapal perang jenis Frigate kelas Formidable. Direncanakan pembangunan keenam kapal perang tersebut selesai pada tahun 2006 hingga tahun 2008. Dalam perjanjian kontrak antara pemerintah Singapura dengan DCNS, pihak Singapura meminta DCNS untuk melakukan proses transfer teknologi dimana kapal pertama akan dibuat di galangan kapal DCNS di Lorient, Perancis. Sementara sebanyak lima unit kapal perang lainnya akan dibuat di galangan kapal Benoi yang merupakan galangan milik Singapore Technologies Marine atau ST Marine di Singapura.

Secara bertahap, kapal – kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini mulai memperkuat Angkatan Laut Singapura pada tahun 2007 hingga 2009. Kapal perang jenis Frigate tersebut hingga kini menjadi salah satu kapal tempur utama tercanggih di kawasan ASEAN.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. RSS Intrepid Bermanuver Dalam CARAT 2009. Perhatikan Bagian Samping Yang Terbuka Dan Menampilkan Perahu Kecil (Kemungkinan RHIB), Bagian Tersebut Dapat Ditutup Untuk Meningkatkan Kemampuan Siluman / Stealth Dari Kapal Ini.
Sumber : defpost

Formidable, Si Frigate Siluman Singapura

Kapal perang utama milik Angkatan Laut Singapura ini merupakan kapal perang yang istimewa. Pasalnya, kapal perang kelas Formidable ini memiliki fitur – fitur yang memungkinkannya untuk melakukan manuver atau bertempur secara siluman. Siluman disini maksudnya yakni bahwa desain kapal dibuat sedemikian rupa hingga kapal memiliki area pantulan yang minimal saat terkena gelombang radar yang dipancarkan oleh sistem deteksi dari kapal perang lawan.

Selain memiliki area penampang radar yang rendah, beberapa sistem yang dipasang di kapal perang ini juga menggunakan teknologi pelindung khusus. Seperti misalnya, tabung peluncur torpedo, perahu RHIB untuk VBSS, serta peralatan Replenishment at Sea atau RAS yang diletakkan dibalik badan kapal yang telah terlindung dari pancaran gelombang radar lawan.

Selain didesain dengan kemampuan untuk dapat bertempur secara siluman melalui upaya pengurangan besaran area penampang radar atau Radar Cross Section, kapal – kapal perang jenis Frigate kelas Formidable milik AL Singapura juga dapat melakukan berbagai upaya untuk mengecoh sistem deteksi, penjejakan, dan persenjataan lawan berkat sederet perangkat sensor khusus untuk peperangan elektronika atau biasa disingkat Pernika.

BACA JUGA :  Duterte Ancam Buat “Perhitungan” dan Bertaruh Nyawa Lawan Tiongkok

Untuk perangkat Electronic Support Measure atau ESM, kapal – kapal di kelas Formidable ini diperlengkapi dengan perangkat ESM RAFAEL C-Pearl M besutan RAFAEL, perusahaan industri pertahanan asal Israel. Sedangkan untuk sistem pengecoh atau Decoy menggunakan New Generation Dagaie System besutan Sagem Defense Securitie (Kini Safran Electronics & Defense) yang merupakan perusahaan industri pertahanan asal Perancis.

Selain sederet peralatan pernika serta fitur desain stealth yang diaplikasikan untuk melindungi kapal dari kemungkinan bahaya atas permukaan air dan dari bahaya udara, Formidable juga dipersiapkan untuk dapat bermanuver menghadapi bahaya yang datang dari lawan yang berada di bawah permukaan air. Ini dibuktikan dengan dipasangkan nya perangkat anti torpedo atau Anti-Torpedo Suite Morpheus besutan Leonardo Finmeccanica. Sebanyak dua unit perangkat peluncur sistem anti torpedo WASS C310 ditempatkan pada bagian samping kanan dan kiri sedikit agak di belakang kapal sebagai bagian dari sistem anti torpedo Morpheus tersebut.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Rudal Anti Kapal Harpoon Ditembakkan Dari Kapal Perang Kelas Formidable.
Sumber : thestraittimes

Persenjataan Frigate Kelas Formidable

Bukan tanpa alasan penulis menjuluki kapal perang jenis Frigate kelas Formidable sebagai salah satu “Game Changer” di ASEAN. Kapal – kapal perang di kelas tersebut telah dipersenjatai sedemikian rupa hingga mampu menjelma menjadi sosok kapal perang yang tangguh dan siap menghadapi berbagai macam lawan dari berbagai arah. Tak tanggung-tanggung, ia sanggup menghadang ancaman dari bawah permukaan laut, ancaman dari atas permukaan laut, serta ancaman dari udara yang hendak mengancam kedaulatan Singapura.

Formidable menjelma menjadi kapal kombatan utama di jajaran armada Angkatan Laut Singapura. Dengan puluhan rudal yang dibawanya, ia mampu mendominasi peta kekuatan kapal perang di wilayah ASEAN. Untuk menghadang bahaya konvensional dari atas permukaan laut serta memberikan bantuan tembakan ke darat jika dibutuhkan, kapal – kapal perang di kelas tersebut diperlengkapi dengan sistem senjata berupa satu unit meriam utama kaliber 76 milimeter jenis Super Rapid Gun buatan Oto Melara.

Disamping meriam utama kaliber 76 milimeter, kapal – kapal di kelas tersebut juga diperlengkapi dengan dua unit Typhoon Weapon Station yakni sistem senjata berbasis meriam kaliber 25 milimeter yang ter stabilisasi, serta empat pucuk senapan mesin berat STK50 kaliber 12,7 milimeter.

Untuk menghadang sasaran berupa kapal perang yang berada di permukaan air, Formidable dipersenjatai dengan 8 unit rudal anti kapal RGM-84C Harpoon yang diletakkan pada bagian tengah badan kapal. Meski hanya dipasangi 8 unit rudal, bukan berarti hanya 8 unit rudal saja yang bisa dibawa oleh satu kapal kelas Formidable. Setiap unit kapal di kelas Formidable didesain untuk mampu membawa dan meluncurkan tidak kurang dari 24 rudal Harpoon jika memang dibutuhkan atau dalam kondisi darurat.

Bagi penulis, kemampuan inilah yang menjadikan Formidable begitu istimewa dibandingkan dengan kapal – kapal lain yang akan dibahas pada artikel berikutnya dari seri kapal perang utama di ASEAN ini. Rudal Harpoon sendiri memiliki jarak jangkau maksimal hingga 130 kilometer.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Rudal Aster Berhasil Ditembakkan Dari RSS Steadfast (70).
Sumber : RSN

Untuk menghadang bahaya yang datang dari udara, kapal – kapal di kelas Formidable diperlengkapi dengan sistem peluncur rudal vertikal atau Vertical Launch System yang terdiri dari 16 cell peluncur rudal Sylver A50 untuk menampung 16 unit rudal anti serangan udara MBDA Aster 15/30, serta 16 cell peluncur rudal Sylver A43 untuk menampung 16 unit rudal anti serangan udara MBDA Aster 15. Rudal anti serangan udara Aster 15 mampu mencegat sasaran berupa pesawat tempur, helikopter, maupun rudal jelajah yang berada pada 30 kilometer jauhnya dari titik peluncuran (Kapal kelas Formidable,red).

BACA JUGA :  AGM-88 HARM, Rudal Anti Radar Andalan NATO

Sementara rudal anti serangan udara Aster 30 mampu mencegat sasaran berupa pesawat tempur, helikopter, maupun rudal jelajah yang berada pada 120 kilometer jauhnya dari kapal yang meluncurkannya (Formidable,red). Jadi, satu unit kapal kelas Formidable mampu membawa dan meluncurkan tidak kurang dari 32 rudal anti serangan udara untuk melindungi dirinya dari ancaman bahaya yang datang dari udara.

Untuk melindungi diri dan sekaligus menangkal ancaman bahaya yang datang dari bawah permukaan air, kapal perang dari jenis Frigate ini dipersenjatai dengan 6 unit tabung peluncur torpedo B515 dengan konfigurasi dua sistem peluncur yang masing-masing berisi tiga tabung, diletakkan pada sisi samping kanan dan kiri kapal. Tabung-tabung ini dapat menembakkan torpedo EuroTorp A244/S Mod 3 untuk menghalau sasaran berupa kapal selam ataupun kapal perang permukaan milik lawan.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Thales Herakles, Multi Function PESA Radar Yang Digunakan Di Kapal Perang Jenis Frigate Kelas Formidable Milik AL Singapura.
Sumber : flickr

Sistem Sensor Deteksi Frigate Kelas Formidable

Kapal perang jenis Frigate kelas Formidable ini diperlengkapi dengan sederet sistem sensor deteksi untuk membantu para pengawaknya mendeteksi keberadaan ancaman potensial disekitar mereka. Untuk mendeteksi sasaran yang berada diatas permukaan air dan juga yang sedang terbang di udara, kapal ini diperlengkapi dengan perangkat radar multi-fungsi jenis Passive Electronically Scanned Array (PESA) radar Thales Herakles. Radar ini mampu melakukan deteksi terhadap ancaman potensial yang berada hingga 250 kilometer jauhnya dari kapal.

Perangkat sistem radar besutan Thales ini mampu memberikan informasi tiga dimensi atas target yang terdeteksi oleh sistem radar tersebut. Khusus untuk sasaran atau target yang berada di udara, radar ini telah terintegrasi dengan sistem senjata pertahanan udara atau sista hanud berbasis rudal anti serangan udara MBDA Aster. Integrasi ini memungkinkan radar memberi informasi atas target secara real-time kepada pengawak sista hanud tersebut agar dapat lebih cepat merespon saat terjadi eskalasi atau saat timbul ancaman dari unsur kekuatan udara lawan.

Sebagai radar kendali penembakan sistem senjata meriam utama kaliber 76 milimeter, dipasangkan perangkat Thales STING EO Mk2 Fire Control Radar. Urusan navigasi kapal dipercayakan kepada perangkat radar navigasi Terma Electronic Scanter 2001 Navigation Radar. Kemudian, selain mampu mendeteksi dan menghadapi ancaman bahaya dari atas permukaan air dan udara, kapal ini juga dilengkapi dengan perangkat sonar untuk mendeteksi dan membantu para pengawaknya menghadapi potensi ancaman dari lawan yang berada dibawah permukaan air. Adalah perangkat sonar EDO Model 980 Active Low Frequency Towed Sonar atau disingkat ALOFTS.

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Tampilan 4 Sisi Kapal Perang Jenis Frigate Kelas Formidable Milik AL Singapura.
Sumber : navyrecognition

Spesifikasi Teknis Frigate Kelas Formidable

Berikut kami lampirkan cuplikan spesifikasi teknis kapal perang jenis Frigate kelas Formidable. Spesifikasi teknis ini bersifat umum dan dapat juga anda peroleh melalui situs lain yang membahas soal kapal perang ini di internet.

Dimensi

Panjang Total              : 114,8 meter
Lebar Total                  : 16,3 meter
Draught                       : 6 meter

Mesin dan Kelistrikan

Sistem Propulsi           : Combined Diesel and Diesel (CODAD)
Jumlah / Tipe Mesin    : 4 x MTU 20V 8000 M90 (Masing-masing mampu memberi daya hingga 12.200 shp)
Total Daya Keluaran   : 48.800 shp
Jumlah / Tipe Generator : 4 x ISM V1708 Diesel Generator (Masing-masing mampu menghasilkan daya hingga 860 kilowatt)
Total Daya Listrik Keluaran : 3.440 kilowatt

BACA JUGA :  Amerika Serikat Terapkan Sanksi Baru Atas Program Rudal Balistik Iran

Kecepatan dan Jarak Jangkau Operasi

Kecepatan Maksimal   : 27 knot / 50 kilometer per jam
Kecepatan Jelajah       : 18 knot / 33 kilometer per jam
Jarak Jangkau Operasi : 4.200 mil nautika / 7.780 kilometer

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Pengoperasian Helikopter S-70B Seahawk Dari Atas Kapal Frigate Kelas Formidable.
Sumber : US Navy

Sensor Deteksi

Radar Surveillance      : Thales Herakles PESA Multi-Function Radar
Fire Control Radar      : Thales STING EO Mk2
Navigation Radar        : Terma Electronic Scanter 2001
Sonar                        : EDO Model 980 ALOFTS

Peralatan Pernika

ESM                : RAFAEL C-PEARL M
Decoy              : Sagem Defense New Generation Dagaie System
Anti Torpedo  : Leonardo Finmeccanica Morpheus Anti Torpedo Suite with WASS C310 Launchers

Persenjataan

Meriam Utama            : Oto Melara 76 milimeter Super Rapid Gun
Meriam Sekunder        : 2 x 25 milimeter Mk38 Mod 2 Typhoon Weapon System
Senapan Mesin            : 4 x 12,7 milimeter STK 50MG
Peluncur Torpedo        : 2 x B515 Triple tubes with reloads for EuroTorp A244/S Mod 3 torpedo
Rudal Anti Kapal        : 8 x RGM-84C Harpoon (Dengan Opsi Penambahan Up to 24 Rudal di Tiap Kapal)
Rudal Anti Serangan Udara : 16 x MBDA Aster 30 (Dalam VLS Sylver A50) ; 16 x MBDA Aster 15 (Dalam VLS Sylver A43)
Non-Lethal                  : Long Range Acoustic Device (LRAD) 500 Xtreme

Fasilitas Aviasi

Helikopter : 1 x S-70B Seahawk multi-mission capable naval helicopter
Helipad dan Hangar : Ada, mampu menampung 1 unit helikopter S-70B Seahawk

Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura
Seri Kapal Perang Utama di ASEAN : Formidable Class Frigate Andalan Singapura. Keseluruhan Enam Unit Armada Kapal Perang Jenis Frigate Kelas Formidable Milik AL Singapura Bermanuver Bersama Dalam Sesi Foto, Formidable Mampu Menunjukkan Kedigdayaan Tersendiri Di Kawasan ASEAN.
Sumber : reddit

Mengapa Formidable Begitu Penting Bagi Singapura

Kapal perang jenis Frigate kelas Formidable milik AL Singapura merupakan satu elemen kunci dari apa yang penulis sebut sebagai “grand design” sistem pertahanan negara Singapura. Kapal perang dari kelas tersebut didesain untuk dapat menjadi “pos komando utama” bagi pelaksanaan operasi militer matra laut Singapura. Dalam konsep Integrated Knowledge-Based Command and Control Network yang dikembangkan oleh Singapura, kapal perang ini mampu menjadi salah satu Node Utama dalam sistem Network Centric Warfare-nya Singapura tersebut.

Ia mampu mengumpulkan berbagai jenis data yang diperoleh aset – aset militer Singapura yang berada disekitar posisi nya, mengkombinasikan berbagai data tersebut dan mengolah berbagai data tersebut menjadi data keluaran atau output berupa detail kondisi medan tempur atau area operasi dimana operasi militer tersebut dilakukan, kemungkinan posisi kedudukan lawan, serta data lain yang kemudian dapat dibagikan dari kapal tersebut ke aset – aset militer Singapura lainnya (Pasukan di darat, kapal perang AL Singapura, pesawat tempur AU Singapura, pesawat peringatan dini, dll) yang berada disekitar area operasi tersebut.

Kemampuan ini membuat militer Singapura secara umum mampu meningkatkan kewaspadaan saat menjalankan operasi militer. Selain meningkatkan kewaspadaan, kemampuan kapal perang kelas Formidable ini menjadi “pos komando utama” dalam sistem Network Centric Warfare-nya Singapura tersebut juga membuat musuh atau lawan potensial nya tidak memiliki waktu reaksi yang cukup apabila pihak militer Singapura sampai harus mengambil langkah serangan pre-emptive terhadap posisi kedudukan mereka.

Formidable class adalah wujud nyata dari konsep pembangunan alutsista yang didasari pada kebutuhan, dikerjakan dengan semangat kemandirian, serta menghasilkan output atau produk keluaran yang berkualitas tinggi serta mampu melindungi kedaulatan negara dan kepentingan nasional negara. Sudah sewajarnya Indonesia mampu mengambil nilai-nilai positif dari proyek pengembangan kapal perang jenis Frigate milik Singapura ini, yang meski hanya dibangun sebanyak enam unit tapi mampu memberikan efek daya gentar atau detterence yang maksimal di kawasan Asia Tenggara / ASEAN.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS

Barbel Class, kapal selam diesel terakhir AS- hobbymiliter.com. Bahwa dewasa ini kita mengenal Angkatan laut AS utamanya dari armada kapal selam nuklirnya. Nama-nama seperti...

Cakra Baskara, Sistahanud jarak pendek Soviet

Mengenal  Cakra Baskara Sistahanud jarak pendek Soviet-Hobbymiliter.com. Sebelum pandemi COVID menyerang. Indonesia termasuk getol menyelenggarakan pameran bertema pertahanan dengan Indodefence yang paling populer.  Selain...

Mengenal S-300PT & PS Varian Awal Dari S-300P.

Mengenal S-300PT & PS (SA-10 Grumble) Varian Awal Dari S-300P-Hobbymiliter.com. Belakangan ini nama sistem hanud S-300 mencuat kembali, utamanya pada konflik Nagorno-Karabakh dimana Azerbaijan...

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak??

Penghancuran Pusat Komando Drone, Kenapa Tidak?? - HobbyMiliter.com. Pada awal tahun ini kita menyaksikan muncul dan berkembangnya era baru yaitu perang secara aktif menggunakan...

Recent Comments

black donkey{(revolution mindset)}>???? on MARINIR INDONESIA – AMERIKA BERBAGI ILMU DI SITUBONDO
Thomson Sirait on Kehidupan di KRI Makassar 590
Ananda Andriyo on Patroli di Tanah Papua
HobbyMiliter on Patroli di Tanah Papua