Friday, September 23, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Maritim Terbesar Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Maritim Terbesar Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Sriwijaya, Kerajaan Maritim Terbesar Di Indonesia – HobbyMiliter.com -Tahukah Kamu kalau kerajaan Sriwijaya adalah salah satu kerajaan terbesar yang pernah berjaya di Nusantara? Bahkan disebut-sebut sebagai kerajaan maritim terbesar yang ada di Indonesia. Nama Sriwijaya berasal dari Bahasa Sansekerta. Sri itu artinya cahaya dan wijaya berarti kemenangan. Jika disimpulkan arti dari nama Sriwijaya ialah kemenangan yang bercahaya.

Kerajaan Melayu ini berada di pulau Sumatera dan memiliki daerah kekuasaan di Thailand, Kamboja, Semenanjung Malaka, sampai ke pulau Jawa. Hingga membuat nama kerajaan Sriwijaya sangat populer di seluruh Nusantara dan mancanegara. Sebagai buktinya, ada kabar yang mengatakan bahwa para saudagar dari Cina dan Arab pernah berniaga di Sriwijaya. Menurut berita lain dari India, kerajaan India sendiri pernah menjalin hubungan kerja sama dengan Sriwijaya. Tak heran kan, kalau kerajaan ini punya pengaruh yang cukup besar terhadap Nusantara.

BACA JUGA :  Foto Latihan Anti Teror

Sejarah Raja Yang Memimpin Kerjaan Sriwijaya

Kemansyuran kerajaan Sriwijaya tak terlepas dari kesultanan yang berkuasa di sana. Berikut adalah raja-raja yang pernah menuliskan sejarah besar di Sriwijaya.

  1. Dapunta Hyang 671 – 702 Masehi

Merupakan raja dari kerajaan Sriwijaya yang berhasil menaklukkan wilayah pulau Jawa dan Melayu. Dapunta Hyang dikenal juga dengan nama Sri Jayanasa yang menduduki kursi kerajaan pada tahun 671 Masehi.

  1. Sri Indrawarman 702 Masehi

Melanjutkan kepemimpinan Dari Sri Jayanasa. Di tahun 728 – 742 Masehi tahta Sriwijaya berada di tangan Rudra Wikrama. Pada kepemimpinannya, beliau mengutus pengawal ke Tiongkok.

  1. Sri Maharaja 775 Masehi
BACA JUGA :  Sejarah Perang Padri, Salah Satu Perang Saudara di Indonesia

Kemudian di tahun 775 Masehi digantikan oleh Sri Maharaja. Dari kekuasaannya, Thailand dan Kamboja berhasil ditakhlukkan. Pada tahun 851 Masehi, Sriwijaya dipimpin oleh Maharaja lalu diteruskan Balaputradewa pada tahun 860 Masehi.

  1. Raja Balaputradewa 860 Masehi

Kerajaan Sriwijaya mencapai kejayaannya pada masa pemerintahan raja Balaputradewa di tahun 860 Masehi. Sang raja berhasil memajukan ekonomi, kebudayaan dan pendidikan. Pada kepemimpinan sang raja juga, Sriwijaya mempunyai armada laut yang hebat. Sehingga tercipta jalur pelayaran yang aman dan damai. Para pedagang pun banyak yang singgah kesana. Kemajuan di bidang ekonomi yang diperoleh Sriwijaya berasal dari hasil dagang, pajak dan pembayaran upeti. Hingga akhirnya kerajaan tumbuh makmur dan sejahtera.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Banner Launching KPC 40 M

Launching Tiga Unit Kapal Patroli Cepat 40 Meter Pesanan TNI AL...

0
Kamis, 23 September 2016, telah dilaksanakan kegiatan Launching Tiga Unit Kapal Patroli Cepat ukuran 40 meter produksi Dalam Negeri di PT. Palindo Marine Batam....

Recent Comments