Thursday, March 28, 2024
HomeIntelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok

Intelijen AS Berhasil Ungkap Markas Hacker Militer Tiongkok

Hobbymiliter.com – Intelijen AS berhasil mengidentifikasi bangunan markas satuan hacker militer Tiongkok yang terletak di dalam dua gedung yang diklamufasekan sebagai hotel di kota Beijing.

Menurut laporan terbuka yang diterbitkan oleh Detasemen Studi Asia milik Angkatan Bersenjata Amerika, “Hotel Jintang dan Seasons terlihat berada di lokasi yang sama atau berdekatan. Keduanya tercatat dimiliki oleh/terhubung dengan pihak Departemen Keempat Tentara Pembebasan Rakyat.”

Departemen Keempat yang biasa disingkat dengan 4PLA, dulunya adalah bagian dari Departemen Staf Umum PLA dan dikenal pula dengan nama Departemen Radar dan Penanggulangan Elektronik. Satuan tersebut kemudian direstrukturisasi menjadi satuan baru yang dinamakan Pasukan Penyokong Strategis. Fungsi dari departemen tersebut adalah untuk melaksanakan perang elektronik dan informasi secara ofensif, termasuk diantaranya melancarkan serangan dunia maya dan melakukan peretasan atau hacking.

BACA JUGA :  Harimau Medium Tank Kerjasama Indonesia – Turki Mulai Dikirimkan ke Indonesia

Perang elektronik dan informasi adalah beberapa operasi paling rahasia yang dijalankan oleh Tentara Pembebasan Rakyat Tiongkok. Dengan menempatkan lokasi operasinya di balik gedung hotel, maka satuan tersebut sudah berhasil “bersembunyi di tengah kerumunan umum.”

4PLA ditengarai sebagai salah satu agen mata-mata Tiongkok yang paling mematikan, karena diberi mandat khusus untuk melancarkan perang berteknologi tinggi serta mengumpulkan data intelijen. Kemampuannya juga diperluas ke wilayah ruang angkasa dan mencakup gangguan komunikasi dan navigasi musuh, serta membuka celah radar satelit.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Presiden Niinisto : Tak Perlu Referendum Untuk Finlandia Bergabung Dengan NATO

Presiden-PM Finlandia Ajukan Permohonan Bergabung Dengan NATO Kepada Publik Finlandia

0
Hobbymiliter.com – Situs resmi kantor kepresidenan Finlandia pada tanggal 12 Mei 2022 resmi merilis sebuah pernyataan bersama antara Presiden Finlandia, Sauli Niinisto dan Perdana...

Recent Comments