Thursday, June 13, 2024
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia: Kerajaan Perlak – HobbyMiliter.comKamu sudah tahu belum sejarah Kerajaan Islam pertama di Indonesia? Kalau dulu Samudera Pasai dikenal sebagai Kerajaan Islam pertama, namun bukti sejarah membuktikan bahwa Kerajaan Samudera Pasai baru berdiri di pertengahan abad ke-13 atau tepatnya pada tahun 1267 dan tumbang pada tahun 1521. Sementara Kerajaan Perlak sudah berdiri sejak abad ke-9 atau tepatnya 840 M di 1 Muharam 225H dan pada tahun 1292 kemudian bergabung dengan Kerajaan Samudera Pasai, jadi sejarah Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah Kerajaan Perlak.

BACA JUGA :  Video Kapal Teluk Bintuni Angkut Tank

Kerajaan – kerajaan Islam di Indonesia muncul sebagai akibat dari maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan pedagang-pedagang Islam yang datang dari berbagai daerah, seperti Arab, India, Persia, China, dan lainnya. Kemudian kerajaan-kerajaan tersebut dibagi berdasarkan wilayah pusat pemerintahannya, seperti Sumatera, Maluku, Jawa, dan Sulawesi.

Sejarah Kerajaan Islam Pertama Di Indonesia

Kerajaan Perlak terletak di Pulau Sumatera, lebih tepatnya di Aceh sebelah Timur. Sejarah Kerajaan Islam Pertama di Indonesia ini bermula dari Sultan Alauddin Saiyid Maulana Abdul Aziz Syah yang merupakan raja pertama. Terbukti dari Tazkirah Thabakat Jumu Sultan as Salathin, Idharatul Haq fi Mamlakatil Farlah wa Fasi, dan Silsilah Raja-raja Perlak serta Pasai.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti

India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti

0
India Dan Indonesia Gelar Latma Samudra Sakti - HobbyMiliter.com - Sebuah kapal perang dari jenis perusak atauĀ destroyer kelas Rajput milik Angkatan Laut India merapat...

Recent Comments