Friday, September 30, 2022
HomeBlog MiliterSejarahSejarah Kerajaan Samudera Pasai, Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai, Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia

Sejarah Kerajaan Samudera Pasai, Salah Satu Kerajaan Islam Tertua Di Indonesia – HobbyMiliter.com – Tahukah Kamu, kalau Samudera Pasai disebut-sebut sebagai kerajaan Islam pertama sekaligus tertua di Indonesia? Berada di pesisir utara dari Pulau Sumatera, kota Lhokseumawe dan Aceh Utara. Berada di ujung pulau Sumatera, kerajaan ini seringkali didatangi berbagai penjelajah dari berbagai negeri. Seperti Ibnu Batutah dan Laksamana Cheng Ho. Mereka jauh-jauh ke sini untuk menyebarkan agama Islam dan berdagang. Tujuan tersebutpun berjalan lancar karena peradaban Islam tumbuh pesat ke berbagai wilayah. Selain itu, turut menumbuhkan pasar dagang yang besar serta meninggalkan catatan sejarah yang tidak sedikit.

BACA JUGA :  Korvet - Korvet AL Rusia Masuki Laut Mediterania

Sejarah Kejayaan Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudera Pasai didirikan pada tahun 1267 M, oleh Marah Silu yang bergelar Sultan Malik As-Saleh. Beliau bertahta selama 30 tahun, dan dilanjutkan oleh puteranya bernama Sultan Malik Az-Zahir. Sejak saat itu, kesejahteraan dan kemakmuran terus meningkat hingga masa kejayaan dimulai.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

UCGV 1

Udar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3

0
HobbyMiliter.com – Udar UCGV: Robot Lapis Baja Berplatform Tank BMP-3. Bisa dikatakan platform kendaraan tempur amfibi BMP-3 lumayan sukses di pasaran ekspor ataupun dalam...

Recent Comments