WC-130H Hercules menuju badai.
WC-130H Hercules menuju badai.

Misi utama WC-130J yang bermarkas di Biloxi, Mississippi, AS adalah mengobservasi pergerakan badai di atas lautan Atlantik. Setiap kali terbang personel yang berangkat minimal lima orang yaitu pilot, kopilot, navigator, aerial reconnaissance weather officer dan weather reconnaissance loadmaster. Kokpit WC-130J sudah dirancang khusus untuk memonitor badai. Tugas tambahan pilot dan kopilot adalah melaporkan perkembangan pergerakan badai ke ruangan monitoring.

Jika cuaca cerah pengamatan bisa dilakukan secara visual atau menggunakan alat monitor khusus Stepped Frequency Microwave Radiometer (SFMR) yang telah dipasang di bawah sayap sebelah kanan. Dari ruangan yang dipenuhi peralatan canggih itu petugas akan melaporkan semua analisa kepada pusat kontrol di darat yang dinamai ARWO (Air Reconnaissance Weather Squadron).

BACA JUGA :  Bagaimana drone menaklukkan pertahanan udara ?

Personel pusat kontrol ARWO, stafnya terdiri dari para ahli pengamat badai yang sudah sangat berpengalaman. Laporan kepada ARWO bukan hanya dimonopoli petugas ruang monitor tapi bisa juga dilakukan langsung oleh kopilot.

Kendati awak dan pesawat WC-130J 53rd siaga 24 jam dan bekerja secara shift, mereka hanya akan terbang jika badai di atas Atlantik mulai terdeteksi. Sebagai personel cadangan yang terdiri dari warga sipil, jika sedang tidak bertugas mereka bekerja di profesi masing-masing. Begitu tercium akan datangnya badai oleh lembaga lain lewat satelit, para akwak diaktifkan dan WC-130J segera melesat dan mampu bertahan 11 jam di udara jika dikehendaki.

BACA JUGA :  Sistem Pertahanan dan Keamanan di Indonesia yang Berkonsep Pertahanan Rakyat Semesta

Yang unik setiap melakukan penerbangan, awak WC-130J selalu membawa propeller cadangan karena perangkat ini paling rawan terpaan badai. Jika ada masalah pada propeller biasanya WC-130J akan mendarat di pangkalan terdekat untuk melaksanakan perbaikan.

WC-130J Hercules di Dobbins ARB, Marrietta Georgia.
WC-130J Hercules di Dobbins ARB, Marrietta Georgia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here