Friday, May 27, 2022
HomeBlog MiliterBerita MiliterC-146A Wolfhound Milik AS Tuntaskan Misi Terbang Dari Jalan Raya Di Latvia

C-146A Wolfhound Milik AS Tuntaskan Misi Terbang Dari Jalan Raya Di Latvia

Hobbymiliter.com – Sebuah pesawat angkut personel dan material jenis C-146A Wolfhound milik Komando Operasi Khusus militer Amerika Serikat di Eropa (US SOCEUR) dengan nomor seri 12-3085 berhasil menuntaskan misi penerbangan lepas landas dan mendarat dari jalan raya di Latvia untuk pertama kalinya. Pada malam hari antara tanggal 10 hingga 11 Mei 2022 yang lalu, sebuah pesawat angkut milik US SOCEUR tersebut mendarat di jalan raya dua lajur sempit A9 yang berada di Latvia. Operasi pendaratan dan lepas landas dari pesawat Wolfhound tersebut dilakukan tepatnya di ruas jalan raya dua lajur sempit A9 yang berada di dekat wilayah Biksti, Latvia. Operasi ini merupakan tonggak sejarah karena untuk pertama kalinya sebuah pesawat militer milik AS sukses mendarat dan lepas landas di ruas jalan raya di Latvia.

BACA JUGA :  Super Tucano AU Afghanistan Laksanakan Misi Terbang Malam Perdana

Dilansir oleh layanan Penyiaran Publik Latvia, sepanjang 900 meter ruas jalan raya A9 tersebut di alih fungsikan menjadi sebuah landasan untuk pesawat terbang. Untuk mendukung kelancaran operasi tersebut, rambu-rambu yang dipasang di samping kiri dan kanan di sepanjang ruas jalan yang digunakan sebagai landas pacu pesawat harus dicabut. Ini dikarenakan bentang lebar sayap dari sebuah pesawat C-146A Wolfhound mencapai 21 meter, sementara lebar total ruas jalan raya A9 tersebut hanya 8,5 meter.

C-146A Wolfhound Milik AS Tuntaskan Misi Terbang Dari Jalan Raya Di Latvia
C-146A Wolfhound Milik AS Tuntaskan Misi Terbang Dari Jalan Raya Di Latvia. Tangkapan Layar Postingan Akun Twitter Milik Kedubes AS Di Riga Tentang Pendaratan Pesawat C-146A Wolfhound Di Jalan Raya A9 Di Latvia.
Sumber : istimewa

Kegiatan penerbangan malam hari, pendaratan di ruas jalan raya A9 di Latvia, serta lepas landas kembali melalui ruas jalan yang sama tersebut, merupakan bagian dari latihan tahunan Exercise Trojan Footprint 2022. Latihan ini diselenggarakan sebagai upaya menjaga dan meningkatkan interoperabilitas antara pasukan militer dari Komando Operasi Khusus Amerika Serikat di Eropa (US SOCEUR) dengan seluruh sekutu dan mitra kerja AS yang menjadi bagian dari pakta pertahanan atlantik utara atau NATO.

BACA JUGA :  Pasca Pertempuran Aleppo, Front Al-Nusra Konfirmasi Kematian 300 Anggotanya

Pesawat C-146A Wolfhound merupakan versi militer dari pesawat penumpang Dornier Do328. Didesain dengan modifikasi untuk memungkinkan adanya kemampuan angkut barang kargo dan penumpang yakni operator pasukan khusus militer Amerika, pesawat ini mampu mengangkut sebanyak 27 personel dan dapat di deploy dengan cepat ke berbagai lokasi di Eropa yang membutuhkan kehadiran unsur pasukan khusus militer Amerika jika dibutuhkan. Menurut informasi dari situs web Angkatan Udara Amerika Serikat (USAF), misi utama dari unit-unit pesawat angkut Wolfhound ini adalah untuk memberikan Komando Operasi Khusus Militer Amerika Serikat (US Special Operations Command, disingkat US SOC,Red) suatu kemampuan penggelaran dan pergerakan pasukan kecil dan kargo yang fleksibel dan responsif secara taktis dalam mendukung pelaksanaan operasi militer yang dilakukan oleh US SOC, di seluruh dunia.

Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948

Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan...

0
Sejarah Latar Belakang Pemberontakan PKI Madiun 1948: Penyebab, Tujuan Serta Gagasan Utamanya - HobbyMiliter.com - Banyak pemberontakan terjadi setelah proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, salah satunya...

Recent Comments