Thursday, February 22, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterPetualangan Hiu Kencana di Pakistan

Petualangan Hiu Kencana di Pakistan

Petualangan Hiu Kencana di Pakistan – hobbymiliter.com – SURABAYA, JANUARI 1966. Letnan Satu Budi Handoko tetiba mendapat perintah untuk bersiap menyelam. Dikatakan kepada awak kapal selam Korps Hiu Kencana Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) itu bahwa dirinya akan bertugas selama 3 bulan.

“Waktu itu belum dikasih tahu mau ditugaskan kemana, hanya diperintahkan untuk menyiapkan pakaian saja,” kenangnya.

Dengan kapal selam RI Nagaransang yang dikomandani oleh Kapten (P) Basoeki, Budi kemudian bergerak menuju Pelabuhan Tanjung Priok di Jakarta. Bersama RI Nagaransang, ikut pula kapal selam RI Bramastra (dikomandani oleh Kapten Jasin Soedirdjo). Setelah mengisi logistik di lepas pantai Jakarta, dua kapal selam jenis Whiskey buatan Uni Sovyet itu meluncur ke arah Samudera Indonesia.

BACA JUGA :  Pesawat Tanker A330 MRTT Untuk AU Korea Selatan Jalani Test Penerimaan

“Barulah di tengah Samudera Indonesia, ada pemberitahuan bahwa kami akan dikirim ke Pakistan guna membantu negara tersebut berperang melawan India,” ungkap Budi.

*

Jakarta, 10 September 1965. Panglima Angkatan Udara Republik Islam Pakistan Marsekal Madya Asghar Khan bertemu dengan Presiden Sukarno. Dalam kesempatan tersebut, selain menyampaikan surat dari Presiden Pakistan Ayub Khan, Asghar juga meminta dukungan kepada Bung Karno terkait konflik mereka dengan India.

“Serangan India ke Pakistan itu sama dengan serangan ke Indonesia juga…”jawab Sukarno seperti dikutip oleh buku Story of  the Pakistan Navy, 1947—1972 (Riwayat Angkatan Laut Pakistan, 1947—1972) terbitan Seksi Sejarah Markas Besar Angkatan Laut Pakistan).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

63-angkatan-laut-rusia-kembangkan-kapal-selam-militer-tanpa-awak

Angkatan Laut Rusia Kembangkan Kapal Selam Militer Tanpa Awak

0
Hobbymiliter.com - Angkatan Laut Rusia disebut-sebut sedang berinvestasi untuk mengembangkan teknologi masa depan yang berpotensi “merevolusi perang di atas air,” demikian disampaikan oleh ahli pertahanan,...

Recent Comments