Thursday, April 18, 2024
HomeBlog MiliterBerita MiliterCARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1)

CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1)

Hobbymiliter.com – CARAT DIVEX-SALVEX-EODEX 2022, Story of A Journey (Part 1). Sebuah latihan militer bersama antara TNI Angkatan Laut dengan Angkatan Laut Amerika Serikat (US Navy) yang bertajuk Cooperation Afloat Readiness And Training atau biasa disingkat CARAT merupakan latihan militer dengan skala terbesar antara Angkatan Laut kedua negara (Indonesia dan Amerika Serikat). Latihan yang berlangsung sejak tanggal 7 Desember 2022 hingga tanggal 21 Desember 2022 ini merupakan bentuk komitmen dari Amerika Serikat dalam memperkuat hubungan baik dengan negara-negara mitra strategisnya di kawasan Asia Tenggara, salah satunya dengan Indonesia. Dalam latihan militer CARAT tahun 2022 ini dilatihkan berbagai macam skenario latihan pada hampir seluruh kecabangan satuan yang berada dibawah naungan matra TNI Angkatan Laut. Penulis tahun ini kembali mendapat kesempatan dan kepercayaan yang sangat berharga dari Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada II (Dislambair Koarmada II) yang merupakan bagian dari Komando Penyelam dan Penyelamatan Bawah Air (Koppeba) TNI Angkatan Laut, untuk menjadi penerjemah bahasa / interpreter guna membantu pelaksanaan rangkaian latihan bersama CARAT 2022 sesi latihan DIVEX (Diving Exercise), SALVEX (Salvage Exercise), dan EODEX (Explosives Ordnance Disposal Exercise).

BACA JUGA :  Mengenal FMA IA 58A Pucara, Pesawat COIN Dari Argentina

Dalam rangkaian artikel khusus terkait pelaksanaan CARAT 2022 seri latihan DIVEX, SALVEX, dan EODEX ini, penulis akan menceritakan kepada anda semua, para pembaca yang budiman, terkait perjalanan dan pengalaman yang penulis alami dan rasakan selama mengikuti rangkaian kegiatan latihan CARAT 2022 seri latihan DIVEX, SALVEX, dan EODEX tersebut.

Negara Memanggil

Suasana malam nampak sendu diiringi dengan pekatnya mendung yang menggelayuti langit Kota Surabaya pada minggu pertama bulan November 2022 lalu. Penulis tengah menikmati hidangan makan malam di salah satu sudut kota Surabaya sewaktu telepon seluler yang penulis pakai, berdering. Tampak pada layar handphone, nama salah seorang perwira anggota Dislambair Koarmada II. Penulis menerima panggilan tersebut dan mengobrol sejenak dengan si penelpon, panggilan tugas negara rupanya telah menanti penulis. Ia diminta menjadi penerjemah bahasa atau interpreter untuk rangkaian kegiatan latihan bersama CARAT 2022 seri latihan DIVEX, SALVEX, dan EODEX. Bukan tanpa alasan, tugas negara diberikan kepada penulis karena sebelumnya pada tahun 2021 penulis juga telah turut terlibat pada rangkaian kegiatan yang sama.

Kristian Prasetyo Lobo
Kristian Prasetyo Lobohttps://www.facebook.com/Achtung.sniper
Just an ordinary person who loves diecast and military related-stuffs. Enjoy my writings as you enjoy your daily delicious food. Wanna put some suggestion? Don't hesitate to comment on my posts or you can sending me message on my facebook profile. ^^

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

19-nasa-siap-rakit-rover-mars-2020

NASA Bersiap Rakit Kendaraan Rover Untuk Misi Mars 2020

0
Hobbymiliter.com - Setelah melewati proses peninjauan panjang dan pengembangan besar-besaran, NASA kini bersiap untuk meluncurkan rancangan akhir untuk merakit kendaraan rover Mars. Rover tersebut...
Mobile ATC di MONAS

Mobile ATC di MONAS

Recent Comments