Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas. IFV Vilkas Diatas Platform Angkutan Darat Saat Tiba Di Lithuania.Sumber : defence-blog

HobbyMiliter.com – Lithuania Terima Unit Pertama IFV Vilkas. Angkatan Bersenjata Lithuania dikabarkan telah menerima dua unit pertama kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle atau IFV Vilkas. Demikian disampaikan oleh Kementerian Pertahanan Nasional Republik Lithuania.

Pada tanggal 25 Juni 2019 telah diterima sebanyak dua unit kendaraan tempur berjenis Infantry Fighting Vehicle atau IFV tersebut dari sebanyak 88 unit yang dipesan oleh pemerintah Republik Lithuania. Sebelumnya, pada tahun 2016 pemerintah Republik Lithuania menandatangani kontrak dengan ARTEC, produsen kendaraan tempur asal Jerman, dan lembaga Organisation for Joint Armament Cooperation (OCCAR) untuk membuat sebanyak 88 unit kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle atau IFV Vilkas.

Baca juga :   Ingin Ciptakan Pesawat Secara Mandiri, Tiongkok Dirikan Pabrikan Mesin Dirgantara Baru

Unit kendaraan tempur jenis Infantry Fighting Vehicle atau IFV Vilkas yang telah diterima oleh pemerintah Republik Lithuania tersebut dikabarkan juga telah menjalani serangkaian kegiatan uji coba manuver dan persenjataan secara intensif di wilayah Jerman dan Belanda. Serangkaian kegiatan uji coba tersebut dilaksanakan selama satu tahun.

Ranpur IFV Vilkas diproduksi oleh perusahaan manufaktur kendaraan tempur asal Jerman, ARTEC, berdasarkan spesifikasi teknis dari pihak Angkatan Bersenjata Lithuania. Perannya sebagai sebuah Infantry Fighting Vehicle atau IFV didukung oleh sebuah sistem persenjataan yang terdiri dari sebuah kubah senjata yang dapat menampung kanon kaliber 30 milimeter MK-44S, serta peluncur rudal anti-tank Rafael Spike-LR. Baik kubah senjata maupun rudal anti-tank Rafael Spike LR merupakan produk alutsista buatan Israel.

Baca juga :   Mengenal Boeing AH-64E Apache Guardian, Helikopter Tempur Pesanan TNI AD

Berdasarkan kontrak senilai 385,6 Juta Euro yang telah ditandatangani oleh pemerintah Republik Lithuania, sebanyak 88 unit kendaraan tempur IFV Vilkas akan dikirimkan kepada Lithuania secara bertahap hingga akhir tahun 2021. Rencananya, sebanyak 15 unit IFV Vilkas akan dikirimkan kepada Lithuania pada tahun 2019 ini. Dua unit pertama yang dikirimkan baru-baru ini akan diberikan kepada Batalyon  Grand Duke Algirdas di wilayah Rukla untuk kembali menjalani serangkaian uji coba penerimaan atau Acceptance Tests sebelum nantinya diserahkan secara resmi kepada Angkatan Bersenjata Lithuania.

Baca juga :   Afrika Selatan Pesan Kapal Patroli Buatan DAMEN

Meski mengusung nama yang berbeda, sejatinya IFV Vilkas tidak lain dan tidak bukan adalah IFV Boxer yang dikembangkan secara bersama oleh Jerman dan Belanda setelah sebelumnya Prancis dan Inggris menarik diri dari program tersebut. Alasan mengapa IFV Boxer pesanan Lithuania dinamai Vilkas sejatinya adalah untuk menjaga sejarah dan tradisi Angkatan Bersenjata Lithuania yang memakai nama khas dari bahasa dalam negerinya sendiri (Bahasa Lituavi) untuk sistem persenjataan yang dipakai oleh militer nya. Vilkas sendiri jika diterjemahkan dari bahasa Lituavi berarti Serigala.

8 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here