Friday, April 19, 2024
HomeBlog MiliterReferensiLatar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Latar Belakang Pemberontakan G30SPKI

Ada beberapa latar belakang Pemberontakan G30SPKI yang menjadi awal gerakan ini muncul, seperti :

  1. Dominasi Ideologi NASAKOM
    Pada saat Demokrasi Terpimpin diterapkan di tahun 1959-1965, Indonesia menggunakan ideologi ideologi Nasionalisme, Agama, dan Komunisme (NASAKOM). Adanya ideologi inilah yang menjadi latar belakang G30SPKI yang ingin menggantikan ideologi Pancasila menjadi ideologi komunis.
  2. Perseteruan antara TNI dan PKI
    Adanya hubungan yang tidak sehat antara TNI dan PKI, membuat hubungan keduanya semakin memanas. Sehingga hal ini memicu terjadinya G30S PKI yang menewaskan 7 jenderal.
  3. Kesehatan Presiden Soekarno
    Selain itu pada tahun 1964, dikabarkan bahwa presiden Soekarno sedang mengalami sakit parah. Sehingga membuat banyak pihak merasa cemas adanya perebutan kekuasaan setelah ditinggalkan Soekarno. Dengan kecemasan ini maka membuat latar belakang G30SPKI,
  4. Kondisi Ekonomi Indonesia
    Kondisi ekonomi Indonesia di tahun 1965 dikabarkan sedang memburuk, dimana terjadi inflasi yang mencapai 650%. Dengan kondisi ini membuat rakyat menjadi ragu dengan kepemimpinan Soekarno. Sehingga kondisi ekonomi Indonesia yang melemah ini juga membuat latar belakang G30SPKI terjadi.
BACA JUGA :  Australia Sangkal Tuduhan Ingin Merekrut Personil TNI Sebagai Agen

Jadi itulah tadi informasi ringkas dan singkat yang dapat kami sampaikan tentang, sejarah, tujuan dan latar belakang Pemberontakan G30SPKI. Semoga dengan adanya informasi ini, kita bisa belajar sejarah Indonesia dengan lebih detail dan jelas.

Hanung Jati Purbakusuma
Hanung Jati Purbakusumahttps://www.hobbymiliter.com/
Sangat tertarik dengan literatur dunia kemiliteran. Gemar mengkoleksi berbagai jenis miniatur alutsista, terutama yang bertipe diecast dengan skala 1/72. Koleksinya dari pesawat tempur hingga meriam artileri anti serangan udara, kebanyakan diecast skala 1/72.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Baca Juga

1-tentara-suriah-resmi-hentikan-gencatan-senjata-suriah

Salahkan AS, Tentara Pemerintah Suriah Resmi Hentikan Gencatan Senjata

0
Hobbymiliter.com - Pasukan bersenjata pemerintah Suriah resmi mengumumkan penghentian gencatan senjata yang telah digelar selama sepekan terakhir. Selama masa gencatan senjata yang disusun oleh...

Recent Comments